KODEPOS VOLUME II 2024 HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH 2024 “PERKEMBANGAN PERKERETAAPIAN DI SURABAYA DARI DULU HINGGA KINI”
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/fish/thumbnail/cc16c29c-14a7-40f6-8516-f3b33cf31a9f.png)
Padahari Kamis 31 Oktober 2024. Konten Edukasi dan Podcast (KODEPOS) Volume IItelah selesai diselenggarakan dengan mengusung tema “Perkembangan Perkeretaapiandi Surabaya dari dulu hingga kini” dalam kegiatan ini HMP PendidikanSejarah UNESA 2024 mengundang narasumber yang sekaligus Dosen dari Prodi kamiyaitu Pendidikan Sejarah Bapak Drs. Agus Trilaksana, M.Hum. Selama pelaksanaanacara, narasumber yang dipandu oleh moderator membahas mengenai tema yangdiusung dengan menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa pembangunan Kereta Api kolonial tidak terlepas dari tanampaksa , dimana hasil dari kegiatan tanam paksa seperti tebu, roti, gula dan lainnya.Yang nantinya akan di bawah di daerah Pelabuhan, dimana jalur yang efektif danefesien adalah jalur Kereta Api.
Jalur Kereta Api di bangunpertama kali di Semarang pada tahun 1667 dan pada tahun 1887 Jalur Kereta Apimulai di bangun di Surabaya dengan jalur Surabaya - Pasuruan, hal ini pastinyatidak terlepas dari Kota Pasuruan sebagai penghasil gula terbesar di Jawa Timursaat itu. Stasiun pertama ini bernama stasiun Semut, Tidak ada alasan konkrituntuk penyebutan stasiun ini. Faktanya pada masa itu orang-orang khususnyaorang Jawa menyebut Kereta Api sebagai Sepur karena bahan bakar yang di gunakanmenggunakan kayu. Dahulu Kereta api dianggap sebagai angkutan masal. Hal ini di buktikan bahwa dahulu untukmenggunakan kereta api tidak harus memiliki tiket masuk, berjualan di dalamkereta, membawa bermacam barang sepeti hewan ternak bahkan masyarakat biasanaik sampai ke atap-atap kereta.
Namun, setelah tahun 2009dimana pemerintah mengeluarkan Peraturan penertiban tentang Manejemen perkerataapianhal-hal tersebut sudah tidak terjadi lagi di masa perkeretaapian sampaisekarang. Sejarah perkerataapian merupakan salah satu topik yang menarik karnasaat ini. Kereta Api merupakan angkutan yang masih aktif di gunakan oleh semuakalangan. Jangan sampai mahasiswa melupakan Sejarah, terutama sejarahtransportasi. Bagaimana pun juga sisa dari pembangunan kolonial khususnyakereta api memberikan manfaat untuk mendukung perkembangan dan kemajuan negeriini.
Hasilpodcast yang telah direkam akan dipublikasikan ke media sosial youtube danspotify HMP Pendidikan Sejarah UNESA. Adanya KODEPOS VOLUME II ini diharapkandapat memperkaya pengetahuan semua kalangan mengenai sejarah perkeretaapian diSurabaya. Yang dimana diharapkan video podcast ini dapat menjadi sebuah acuanuntuk referensi dan bermanfaat bagi banyak orang.
Berikut link videokodepos volume II :
Link youtube : https://youtu.be/K_SrVnHREBw?feature=shared
Dokumentasi kegiatan :
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/fish/gallery/9b1d3c4a-00e0-4f8f-8d27-ad0e5e2ae2b6.png)
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/fish/gallery/efe66596-d06a-4479-a124-383b1f4573e5.png)
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/fish/gallery/eba738dd-baba-41ed-8c35-9274eeb48d92.png)
Share It On: