FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM
Menu > Berita dan Agenda > Berita > Demi Peningkatan Prestasi, PKM & Research Center Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal
DEMI PENINGKATAN PRESTASI, PKM & RESEARCH CENTER GELAR WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN PUBLIKASI JURNAL

18 July 2019 | 08:43 am

Di Unggah Oleh : ( pkm_center )

FISH UNESA- Workshop Penelitian yang diselenggarakan oleh tim PKM & Research Center FISH Unesa memasuki sesi kedua dalam rangkaian kegiatan Pendampingan Riset Mahasiswa yang lolos pendanaan Penelitian Mahasiswa LPPM 2019. Kegiatan pada hari Senin dan Selasa (15-16/07/2019) menghadirkan dua materi menarik, yakni Penulisan Artikel Ilmiah dan Strategi Publikasi Jurnal Terakreditasi Nasional (Sinta). Pada hari Senin (15/07/2019) menghadirkan narasumber seoang dosen sekaligus peneliti dan penulis dari Universitas Trunojoyo Madura yang memberikan tips tentang strategi menulis artikel ilmiah yang baik dan berkualitas, mulai dari menyusun pendahuluan yang menarik, menyesuaikan dengan isu terkini sesuai bidang, membuat literatur review, merancang metodologi yang tepat, serta menyajikan temuan dan analisis yang tajam. Narasumber yang juga jebolan Program Master Sosiologi Universitas Airlangga ini juga mendampingi peserta untuk dalam menyusun artikel ilmiah yang bagus dan layak terpublikasi pada jurnal ilmiah.

Selanjutnya pada hari kedua (16/07/2019), Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI. dosen Ekonomi Islam FE Unesa selaku narasumber menjelaskan ragam jurnal ilmiah serta tips dan trik untuk publikasi artikel ilmiah melalui jurnal ilmiah terakreditasi nasional (Sinta). Ahmad Ajib yang juga merupakan dosen penalaran Unesa menitipkan pesan kepada peserta, “pentingnya kita memperhatikan tiap-tiap kaidah dalam menulis jurnal ilmiah baik itu bagian terkecil sekalipun, karena ini akan mencerminkan kita merupakan seorang peneliti yang beretika”.

Narasumber yang juga sebagai reviewer Jurnal Iqtishaduna: Jurnal Ekonomi Islam (Sinta 3) dan Reviewer Jurnal El-Tijary: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Sinta 4) ini mengingatkan kepada semua peserta bahwa untuk bias menembus jurnal ilmiah bereputasi, maka mutlak harus meningkatkan kualitas penelitian dengan cara menyesuaikan dengan target luaran, menghasilkan data dan analisis yang baik, serta menghasilkan penelitian yang mengandung novelty.

Selain itu dalam kegiatan workshop ini peserta juga diberikan kesempatan langsung untuk mempraktikkan materi yang telah disampaikan dengan mengunggah artikel ilmiah peserta ke OJS jurnal ilmiah yang dituju. Para peserta juga dilatih untuk membuat akun Google Scholar Orchid. Kegiatan ini dilaksanakan dua sesi dimana sesi pertama dilakukan pada pukul 08.00 yang kemudian diakhiri pada pukul 12.00 menyonsong waktu istirahat, sesi kedua kemudian dilanjutkan pada 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Semua rangkaian kegiatan ini bertujuan meningkatkan prestasi mahasiswa FISH Unesa dalam bidang penalaran dan penulisan karya ilmiah. (AU/AL/AI)

BERITA LAINNYA

 

VISITASI AKREDITASI S1 PENDIDIKAN IPS

15 August 2019 | 12:10 pm | adminips

 

DEKLARASI TOLAK RADIKALISME DAN TERORISM

14 August 2019 | 13:12 pm | fishunesa

 

PEMBUKAAN PKKMB FISH UNESA TAHUN 2019

12 August 2019 | 09:33 am | fishunesa

 

FISH UNESA GELAR WORKSHOP RESTRUKTURISAS

07 August 2019 | 13:47 pm | adm_publik

Top