•  

 

PROSES PERKULIAHAN SKRIPSI / TUGAS AKHIR
MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  1. PENENTUAN PEMBIMBING DAN PENGUJI PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR
    1. Mahasiswa mengajukan judul kepada Ketua Jurusan/Kaprodi dengan melampirkan KRS sebagai bukti memprogram mata kuliah Skripsi/Tugas Akhir.
    2. Kajur/Kaprodi dibantu Sekretaris Jurusan dan Ketua Laboraturium menentukan Pembimbing dan Tim Penguji proposal skripsi/tugas akhir. Pembimbing dan Tim Penguji proposal skripsi/tugas akhir sekaligus akan menjadi pembimbing dan tim penguji skripsi/tugas akhir pasca ujian proposal. Susunan tim penguji adalah satu (1) ketua dan dua (2) anggota.
    3. Pembimbing dan tim penguji proposal skripsi/tugas akhir yang sekaligus menjadi pembimbing dan tim penguji skripsi/tugas akhir setelah mendapatkan kesepakatan dalam rapat jurusan diumumkan kepada mahasiswa.
       
  2. PEMBIMBINGAN PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR
    1. Pembimbingan proposal skripsi/Tugas Akhir dilakukan minimal 4 kali dalam setiap bulan.
    2. Setiap pembimbingan proposal skripsi/tugas akhir harus dicatat pada kartu bimbingan.
       
  3. PENGAJUAN UJIAN PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR
      Setiap mahasiswa yang proposal skripsi/tugas akhir sudah ditandatangani pembimbing dan diketahui Ketua Jurusan/Kaprodi sebagai tanda persetujuan maju ke sidang ujian proposal skripsi/tugas akhir, mahasiswa mendaftarkan diri mengikuti ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir. Pendaftaran melalui tenaga kependidikan (tenaga administrasi jurusan) dengan membawa dokumen persyaratan sebagai berikut:
    1. Menunjukkan bukti menempuh mata kuliah skripsi/tugas akhir (KRS).
    2. Menunjukkan bukti sekurang-kurangnya telah menempuh 100 sks (KHS).
    3. Menunjukkan bukti IPK sekurang-kurangnya 2.25 dan mata kuliah Metodologi Penelitian minimal mendapat nilai C (Transkrip nilai).
    4. Mengumpulkan proposal skripsi/tugas akhir yang akan diujikan sebanyak 4 eksemplar.
    5. Menunjukkan copy kartu bimbingan proposal skripsi/tugas akhir.
       
  4. CHECK LIST DAN VALIDASI KELENGKAPAN DOKUMEN UJIAN/SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR
    1. Tenaga administrasi jurusan melakukan cek kelengkapan persyaratan administratif ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir dan membubuhkan tanda tangan pada lembar chekck list jika semua persyaratan terpenuhi. Sebaliknya, jika persyaratan belum lengkap maka tenaga administrasi jurusan mengumumkan kepada mahasiswa.
    2. Persyaratan administratif ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir yang sudah lengkap selanjutnya divalidasi oleh Ketua Jurusan/Kaprodi. Jika persyaratan administratif ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir tidak ada masalah, maka Ketua Jurusan/Kaprodi membubuhkan tanda tangan pada lembar check list.
    3. Hasil validasi diumumkan kepada mahasiswa.
       
  5. PERSIAPAN UJIAN/SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR
      Mahasiswa yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan akademik maupun administratif ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir diwajibkan mengunduh KIT ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir di web http://fis.unesa.ac.id/ yaitu:
    1. Daftar hadir ujian proposal skripsi/tugas akhir.
    2. Lembar penilaian ujian proposal skripsi/tugas akhir.
    3. Berita acara ujian proposal skripsi/tugas akhir.
    4. Form surat undangan untuk tim penguji proposal skripsi/tugas akhir.
    5. Daftar hadir, lembar penilaian dan berita acara, dibawa mahasiswa saat pelaksanaan ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir.
       
  6. PELAKSANAAN UJIAN/SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI/TUGAS AKHIR
    1. Pelaksanaan ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir dilaksanakan pada periode waktu yang telah ditetapkan.
    2. Pelaksanaan ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir berlangsung antara 1.5 - 2 jam.
    3. Wajib bagi mahasiswa dan tim penguji menandatangani daftar hadir ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir, tim penguji memberikan penilaian dan membubuhkan tanda tangan pada lembar penilaian, mengisi berita acara dan menandatanganinya.
    4. Pada akhir ujian/seminar propsosal skripsi/tugas akhir sudah harus diputuskan dan diumumkan kepada mahasiswa tentang layak atau tidak layak proposal skrispi/tugas akhir ditindaklanjuti menjadi penelitian skripsi/tugas akhir.
    5. Selesai pelaksanaan ujian proposal skripsi/tugas akhir ketua tim penguji menyerahkan hasil penilaian ujian proposal, daftar hadir ujian dan berita acara kepada Kajur/Kaprodi melalui tenaga administrasi jurusan.
    6. Selesai pelaksanaan ujian/seminar proposal skripsi/tugas akhir mahasiswa melakukan revisi/perbaikan. Hasil revisi proposal skripsi/tugas akhir harus ditandatangai oleh tim penguji.
    7. Mahasiswa menyerahkan hasil revisi proposal skripsi/tugas akhir yang sudah dibubuhi tanda tangan tim penguji sebanyak 2 eksemplar kepada Jurusan/Prodi melalui tenaga admin di Jurusan/Prodi.
       
  7. PEMBIMBINGAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR
    1. Setiap bimbingan skripsi/tugas akhir harus dicatat pada kartu bimbingan skripsi/tugas akhir.
    2. Bimbingan dilaksanakan minimal 4 kali dalam setiap bulan.
       
  8. PENGAJUAN UJIAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR
      Setiap mahasiswa yang skripsi/tugas akhir sudah ditandatangani pembimbing dan diketahui Ketua Jurusan/Kaprodi sebagai tanda persetujuan maju ke sidang ujian skripsi/tugas akhir, mahasiswa mendaftarkan diri mengikuti ujian skripsi/tugas akhir. Pendaftaran melalui tenaga kependidikan (tenaga administrasi jurusan) dengan membawa dokumen persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
    1. Menunjukkan bukti IPK sekurang-kurangnya 2.25 dan mata kuliah metodologi penelitian minimal mendapat nilai C (Transkrip Nilai).
    2. Mengumpulkan skripsi/tugas akhir yang akan diujikan sebanyak 4 eksemplar.
    3. Menunjukkan kartu bimbingan skripsi/tugas akhir.
    4. Menunjukkan bukti lulus Toefl dengan skor yang telah ditetapkan.
       
  9. CHECK LIST DAN VALIDASI KELENGKAPAN DOKUMEN UJIAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR
    1. Tenaga administrasi jurusan melakukan cek kelengkapan persyaratan administratif ujian skripsi/tugas akhir dan membubuhkan tanda tangan pada lembar chekck list jika semua persyaratan terpenuhi. Sebaliknya jika persyaratan belum lengkap maka tenaga administrasi jurusan mengumumkan kepada mahasiswa.
    2. Persyaratan administratif ujian skripsi/tugas akhir yang sudah lengkap selanjutnya divalidasi oleh Ketua Jurusan/Kaprodi. Jika persyaratan administratif dan akademik ujian skripsi/tugas akhir tidak ada masalah, maka Ketua Jurusan/Kaprodi membubuhkan tanda tangan pada lembar check list.
    3. Hasil validasi diumumkan kepada mahasiswa.
       
  10. PERSIAPAN UJIAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR
      Mahasiswa yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan akademik maupun administratif ujian skripsi/tugas akhir diwajibkan mengunduh KIT ujian proposal skripsi/tugas akhir di web http://fis.unesa.ac.id/ yaitu:
    1. Daftar hadir ujian skripsi/tugas akhir.
    2. Lembar penilaian ujian skripsi/tugas akhir.
    3. Berita acara ujian skripsi/tugas akhir.
    4. Form surat undangan untuk tim penguji skripsi/tugas akhir.
       
  11. PELAKSANAAN UJIAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR
    1. Mahasiswa membawa skripsi yang akan diujikan, daftar hadir ujian, lembar penilaian, berita acara, transkrip nilai dan hasil Toefl.
    2. Daftar hadir, daftar nilai, berita acara, transkrip nilai dan toefl diserahkan kepada ketua tim penguji.
    3. Pelaksanaan ujian skripsi/tugas akhir dilaksanakan pada periode waktu yang telah ditetapkan.
    4. Pelaksanaan ujian skripsi/tugas akhir berlangsung antara 1.5 - 2 jam.
    5. Wajib mahasiswa dan tim penguji menandatangani daftar hadir ujian skripsi/tugas akhir, tim penguji memberikan penilaian dan membubuhkan tanda-tangan pada lembar penilaian, mengisi berita acara dan menandatanganinya.
    6. Pada akhir ujian skripsi/tugas akhir sudah harus diputuskan dan diumumkan kepada mahasiswa tentang lulus atau tidak lulus skripsi/tugas akhir.
    7. Selesai pelaksanaan ujian skripsi/tugas akhir ketua tim penguji menyerahkan hasil penilaian ujian, daftar hadir ujian, berita acara, transkrip nilai dan toefl kepada Jurusan/Prodi melalui tenaga administrasi jurusan.
    8. Selesai pelaksanaan ujian skripsi/tugas akhir mahasiswa melakukan revisi/perbaikan. Hasil revisi skripsi/tugas akhir harus ditandatangani oleh Tim Penguji, Ketua Jurusan dan Dekan
    9. Mahasiswa menyerahkan skripsi/tugas akhir sebanyak 2 eksemplar dan 2 buku referensi untuk perpustakaan kepada Jurusan/Prodi melalui tenaga admin di Jurusan/Prodi.
       

kembali ke atas