Dua Wakil Jurusan Administrasi Publik Berjaya Di Ajang Pilmapres Fakultas dan Universitas

DUA WAKIL AP BERJAYA DI AJANG PILMAPRES FAKULTAS DAN UNIVERSITAS

Inovasi Elektronik Pertanian Membawa Sanyen Pasaribu Meraih Juara Ketiga PILMAPRES FISH tahun 2018

Pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Surabaya baru saja berakhir. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari 8 Februari 2018 ini akhirnya membawa Sanyen Pasaribu mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Prodi S1 Administrasi Negara sebagai juara ketiga. Pilmapres sendiri memiliki banyak tahapan penilaian dimulai seleksi kreativitas dan inovasi karya tulis ilmiah lalu kemampuan menjawab pertanyaan wawancara dan kemampuan menguasai salah satu bahasa PBB dan tentunya poin prestasi. Setelah proses tersebut terlewati tanggal 26 Februari 2018 diadakan puncak acara dengan agenda presentasi menggunakan bahasa inggris.

Sebagai mahasiswa Administrasi Publik, Sanyen Menawarkan gagasan dan menyajikan isu-isu tentang kebijakan publik. Kajian isu yang ditawarkan adalah inovasi elektronik pertanian. Inovasi elektronik pertanian yang dimaksud adalah desa pertanian industri. Sanyen menjelaskan dalam inovasinya bahwa di desa pertanian industri tidak ada unsur kapitalisme, petani dapat menjadi enterpreneur untuk dirinya sendiri. Hasil Panen para petani akan dijual secara online sebagai bentuk dari aplikasi elektronik pertanian.

Sanyen Pasaribu, mahasiswa S1 Ilmu Administrasi Negara angkatan 2016 sebelum mengikuti kegiatan pilmapres tingkat fakultas sudah menjajal berbagai kompetisi Karya Tulis Ilmiah dan Debat tingkat fakultas, Universitas, maupun tingkat Nasional. Dengan capain tersebut menurut Sanyen mampu memotivasi teman dan adik adik angkatan untuk terus berkiprah dalam berbagai aktifitas positif dan mengembangkan kualitas keilmuan.

Persiapan yang matang adalah kunci sukses Eliza Ertin Rajai PILMAPRES Tingkat Universitas Program Diploma

Ajang Pemilihan Mahasiswa berprestasi tingkat universitas dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2018 di lantai 10 Gedung Pendidikan Unesa menjadi pembuktian bahwa wakil fakultas dari Jurusan Administrasi Publik layak diperhitungkan. Adalah Elizha Ertin Pasaribu mahasiswa Prodi DIII Administrasi Negara mampu menjalankan amanat mewakili fakultas sebagai Juara satu dalam pada program diploma Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2018.

Menurut elizha, persiapan yang matang membuat elizha sangat siap dalam mengikuti kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2018 ini. “keragu-raguan itu tidak ada, karena ikut pilmapres ini sudah dipersiapkan sejak tahun lalu” kata elizha ketika di wawancarai jurnalis AP.

Dalam ajang tersebut, elizha mempresentasikan paper tentang percepatan adopsi teknologi khususnya dalam tatanan pemerintahan. Gagasan Konkritnya adalah perlunya pelayanan pemerintahan di bidang kearsipan melalui aplikasi penyimpanan kearsipan secara online. “Paper ini berasal dari kecemasan saya sendiri, bagaimana sulitnya mencari dokumen” tutur elizha.

Terpilihnya Elizha Ertin Pasaribu sebagai juara satu pada kegiatan pilmapres program Diploma tahun 2018, Elizha mewakili UnIversitas Negeri Surabaya pilmapres tingkat Nasional.