PROGRAM STUDI SOSIOLOGI FISH UNESA MEMBEDAH BUKU “MODAL SOSIAL” KARYA PROF. DR. SUNYOTO USMAN, M.A. (GURU BESAR SOSIOLOGI UGM)


Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan Bedah Buku “Modal Sosial” karya Prof. Dr. Sunyoto Usman, M.A., Guru Besar Sosiologi Universitas Gadjah Mada. Kegiatan bedah buku ini diselenggarakan pada hari Rabu, 7 Maret 2018 bertempat di Aula Srikandi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Unesa.

Bedah buku ini menghadirkan penulis untuk memberikan testimoni mengenai isi buku. Kemudian dibedah oleh dua akademesi yaitu Prof. Dr. Mustain Mashud, M.Si., Guru Besar Sosiologi Universitas Airlangga dan Dr. M. Jacky, M.Si., dosen Sosiologi Universitas Negeri Surabaya. Bertindak sebagai moderator Dr. Ari Wahyudi, M.Si., dosen Sosiologi Universitas Negeri Surabaya.

Ketua Jurusan Ilmu Sosial FISH Unesa, Dr. Sugeng Harianto, M.Si., menyampaikan bahwa Program Studi Sosiologi memiliki program berkelanjutan yang dilaksanakan setiap tahun, yaitu seminar, bedah buku dan workshop. Kegiatan seperti bedah buku ini merupakan bentuk upaya Program Studi Sosiologi untuk menumbuhkan iklim akademis yang positif bagi mahasiswa. Melalui bedah buku Modal Sosial ini diharapkan pada mahasiswa dapat menambah perbendaharaan teori dan metodologi ketika mahasiswa membangun conceptual framework untuk mengurai isu-isu yang terkait dengan peran modal sosial sebagai agen perubahan.

Ketua Panitia Diyah Utami, S.Sos., M.M., melaporkan bahwa bedah buku ini dihadiri lebih dari 300 peserta terdiri dari pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa, para dosen Program Studi Sosiologi Unesa, mahasiswa S1 Sosiologi Unesa dan mahasiswa S2 Pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Program Pascasarjana Unesa. Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa, Prof. Dr. Sarmini, M.Hum., dan beliau mengapresiasi diadakannya acara bedah buku ini. Bedah buku ini merupakan acara akademis yang dilaksanakan pertama kali di FISH Unesa pada tahun 2018. Setelah menyampaikan sambutan, Dekan FISH Unesa memberikan cenderamata kepada penulis dan pembahas dengan didampingi oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial.

Dekan FISH Unesa Prof. Dr. Sarmini, M.Hum., didampingi Ketua Jurusan Ilmu Sosial Dr. Sugeng Harianto, M.Si., foto bersama penulis Prof. Dr. Sunyoto Usman, M.A., dan pembahas Prof. Dr. Mustain Mahud, M.Si., usai penyerahan cenderamata.

Pada sesi pembahasan moderator memberikan kesempatan pertama kepada Dr. M. Jacky, M.Si., yang mengulas empat hal penting yaitu struktur buku, gagasan, fenomena sosial dan gaya bahasa. Selanjutnya pembahas kedua Prof. Dr. Mustain Mashud, M.Si., mengapresiasi buku ini dan menyatakan terdapat banyak konsep modal sosial yang dipahami dan korelasi antara kelas atas dan kelas bawah dalam modal sosial.

Penulis buku Prof. Dr. Sunyoto Usman, M.A., memberikan ulasannya bahwa modal sosial merupakan hal yang sangat penting saat struktur sosial semakin kompleks. Prof. Nyoto menjelaskan dalam sistem angkringan di Yogyakarta terdapat modal sosial yang kuat antara juragan angkringan dengan penjual. Juragan angkringan sangat percaya kepada penjual untuk menjualkan dagangannya, walaupun jika tidak habis akan dikembalikan kepada juragan. Sebaliknya penjual juga percaya kepada juragan untuk selalu mengirimkan dagangan ke penjual. Dalam sistem angkringan ini terdapat tiga bentuk modal sosial yang saling berkaitan yaitu trust (kepercayaan), reprocity (saling diuntungkan) dan jaringan sosial (komunikasi dan informasi).

Moderator Dr. Ari Wahyudi, M.Si., pada segmen terakhir memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan pertanyaan kepada penulis maupun pembahas. Terdapat empat mahasiswa yang bertanya yaitu Edi Sulistyo (Sosiologi 2015), Fajar Arum (Sosiologi 2016), Tri Nawangsari (Sosiologi 2016) dan M. Rizal Saputra (Sosiologi 2017).

Selesai dialog acara ditutup dengan ditandai penyerahan sertifikat kepada penulis dan para pembahas oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial FISH Unesa. Kemudian penulis, para pembahas, moderator, dan para dosen Sosiologi melakukan sesi foto bersama. (KGS/AWH)