‘MENCARI JAWARA OISO 2017’


BABAK PENYISIHAN OLIMPIADE SOSIOLOGI 2017

Surabaya. Pelaksanaan babak penyisihan Olimpiade Sosiologi (OISO) tahun 2017 yang diselenggarakan Program Studi Sosiologi Universitas Ngeri Surabaya di empat rayon meliputi Surabaya, Tulungagung, Madiun dan Jember telah digelar 15 Oktober 2017. Olimpiade bertajuk Membentuk Karakter Sosial Humanis, Cerdas serta Kompetitif pada Generasi Muda di Era Globalisasi  diikuti sekitar 500 tim peserta tingkat Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah se-Jawa Timur.

Kegiatan olimpiade rutin tahunan ini adalah upaya menjawab keinginan stakeholder agar kegiatan serupa terus digelar. ‘Menggelar kegiatan olimpiade sosiologi ini adalah bukti kami untuk menjawab keinginan stakeholder khususnya dari sekolah-sekolah SMA/MA untuk diberikan ruang melatih kemampuan siswa untuk berkompetisi mata pelajaran sosiologi,’ ungkap Ketua Pelaksana Ali Imron.

Ketua pelaksana sekaligus dosen sosiologi ini menambahkan bahwa kegiatan olimpiade ini selain untuk menumbuhkan minat di bidang studi Sosiologi sekaligus mengenalkan Program Studi Sosiologi Universitas Negeri Surabaya. Babak penyisihan yang harus dilewati peserta adalah mengerjakan soal berjumlah 100 butir soal dalam waktu 100 menit.

Antusiasme peserta dan guru pendamping mengikuti kegiatan olimpiade Sosiologi ini adalah sebagai ajang unjuk kemampuan memahami kajian sosiologi. ‘Manfaat ikut olimpiade ini saya ingin tahu sejauh mana kemampuan memahami sosiologi yang saya dapat sejak kelas 10 hingga 12,’ ungkap peserta SMA Negeri 1 Surabaya Azzara Nabila Dan Savia.

‘Kegiatan olimpiade semacam ini  sebaiknya diadakan rutin tiap tahun untuk melatih siswa agar mau berkompetisi di bidang Sosiologi’, ujar guru Sosiologi SMAN 2 Lumajang Elvyn Bahterawati.

Kegiatan pelaksanaan babak penyisihan OISO 2017 hasil kerjasama Prodi Sosiologi Unesa dan Himpunan Mahasiwa Sosiologi Unesa tersebut dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Dr. Agus Supriyono, M.Si.

(Farid Pribadi/Tim Humas)

Pelaksanaan Babak Penyisihan Olimpiade Sosiologi 2017

Suasana Pendaftaran Ulang Peserta Olimpiade Sosiologi 2017

Salah Satu Tim Peserta Olimpiade Sosiologi 2017