Public Relation Gathering Ilmu Komunikasi Unesa

Diskusi Calon PR Muda, Inisiasi Komunitas Kehumasan Unesa

Public Relation (PR) atau bidang kehumasan selalu menjadi konsentrasi yang cukup diminati di setiap program studi komunikasi. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan PR Gathering untuk mahasiswa yang berminat mendalami ilmu kehumasan Jumat (2/6) di taman Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.

Menurut Mira Cahyaningtyas, Ketua Panitia, acara tersebut sekaligus merupakan pertemuan awal sekaligus inisiasi konsep dari komunitas PR yang akan dibentuk oleh Departemen Pendidikan dan Penelitian Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unesa. Latar belakangnya. banyaknya lomba kehumasan menjadi pembentukan komunitas ini.

“Banyak Universitas negeri lain yang sudah memiliki tim-tim unggulan saat lomba PR, jadi kita ingin membuat komunitas PR supaya bisa saling sharing” ungkap mahasiswa komunikasi 2016 ini.

Acara tersebut diisi dengan diskusi dan sharing dari yang sudah berpengalaman. Kanaka Bhaswara, mahasiswa angkatan 2014, konsentrasi marketing komunikasi mendapat kesempatan membagikan pengalamannya turun dalam berbagai kompetisi nasional. Finalis Pekan Komunikasi UI 2017 ini mengatakan bahwa pembentukan komunitas PR ini penting dalam jurusan Ilmu Komunikasi, karena saingannya dalam lomba PR adalah kampus-kampus besar yang sudah memiliki komunitas PR. Tujuannya supaya orang-orang yang menyukai dunia kehumasan bisa saling berbagi ide dalam branding dan juga mendiskusikan berbagai solusi dari masalah yang ada.

“Dari pengalaman yang aku dapat, untuk menjadi seorang PR itu harus punya banyak ide, cepat tanggap, dan bisa memahami masalah, kalo faktor eksternalnya ya memiliki attitude yang baik, jangan urakan.” terangnya

PR Gathering mendapat sambutan baik dari mahasiswa. Setidaknya sekitar 20 mahasiswa yang tertarik dalam dunia perhumasan hadir dan berpartisipasi. Siti Nurhalimah, salah satu peserta mengungkapkan harapannya dapat menambah ilmu PR selain dari kuliah yang sudah ditetapkan. Selain itu, ia juga bisa mengetahui sistem lomba PR dari kakak angkatan yang sudah mengikuti.

“Aku pengen ikut komunitas PR soalnya aku tertarik sama dunia humas, karena aku sendiri pengen jadi Humas kedepannya, jadi berharap dapat banyak ilmu melalui komunitas ini, sekaligus membangun relasi sama temen di dalam maupun di luar kampus, aku berharap semoga komunitas PR ini konsisten, semakin banyak peminatnya dan dapat menjadi pencetus dari komunitas PR muda di Surabaya” ungkapnya setelah menghadiri acara PR Gathering.

(hvs/ask)