PERINGKAT AKREDITASI PROGRAM STUDI SOSIOLOGI “A”


Program Studi Sosiologi Jurusan Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Nomor 2392/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 memperoleh peringkat AKREDITASI A. Peringkat Akreditasi A ini merupakan pencapaian tertinggi yang pernah diperoleh oleh Program Studi Sosiologi. Menurut Kaprodi Sosiologi, Dr. Sugeng Harianto, M.Si., yang juga merangkap sebagai Ketua Jurusan Ilmu Sosial, peringkat Akreditasi A ini diperoleh melalui kerja keras seluruh sivitas akademika Program Studi Sosiologi. Kata Sugeng, kata kunci keberhasilan Prodi ini adalah kerja keras dan kebersamaan sivitas akademika selama lima tahun. “Tanpa kerja keras dan kebersamaan sivitas akademika sulit mewujudkan Akreditasi A.  Teman-teman dosen selama lima tahun melaksanakan kegiatan-kegiatan baik akademik maupun nonakademik untuk memenuhi tujubh standar pendidikan tinggi. Tujuh standar itu antara lain: visi, misi, tujuan, dan strategi pencapaian tujuan; tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; pembiayaan, sarana prasarana, dan sistem informasi; serta penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama,” kata Sugeng.

Kebersamaan dosen selama menyusun borang akreditasi dan evaluasi diri juga merupakan kunci keberhasilan. Program studi membentuk tim untuk menyusun borang dan evaluasi diri. Untuk menyelesaikan dua dokumen ini, tim harus bekerja keras untuk mengkoleksi, mengorganisasi, dan menelaah data, yang menjadi rekam jejak kinerja program studi. Tim borang dan evaluasi diri, tidak hanya bekerja di kampus, tetapi juga di luar kampus. “Saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada teman-teman dosen selama kurang lebih satu tahun mempersiapkan dan menyusun dokumen borang dan evaluasi diri. Kami dua kali bekerja di Kebun teh Wonosari Malang dan Batu untuk menyusun dokumen borang akreditasi dan evaluasi diri ini. Bekerja di luar kampus saya anggap lebih efektif dan lebih fokus,” kata Sugeng.

Setelah dua dokumen tersebut berhasil diselesaikan, tidak langsung dikirim ke BAN PT. Dua dokumen tersebut direview oleh  Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Universitas. Dua kali dokumen borang direview oleh PPM. Tim borang dan evaluasi diri menggunakan hasil review PPM untuk menyempurnakan dokumen. “Selama menyelesaikan borang akreditasi dan evaluasi diri kami didampingi oleh tim dari PPM. Mereka membaca dan memberikan masukan. Masukan-masukan dari PPM sangat penting. Apa yang kami anggap sudah baik, ternyata setelah dibaca oleh tim PPM masih ditemukan banyak kekuarangan.  Mereka memberikan masukan-masukan untuk penyempurnaannya,” kata Sugeng.

Keberhasilan ini bagi Program Studi Sosiologi disyukuri dan sekaligus menjadi tantangan. Program studi tidak hanya puas dengan peringkat Akreditasi A, tetapi ke depan akan meningkatkan statusnya menjadi program studi yang terakreditasi di level ASEAN melalui AUN (Asean University Network). “Program Studi Sosiologi akan bekerja lebih keras lagi untuk mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah diperolehnya sekarang,” kata Sugeng.

Keberhasilan Program Studi Sosiologi memperoleh peringkat Akreditasi A juga tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. Atas dukungan itu Program Studi Sosiologi mengucapkan terimakasih kepada:

  1. Pimpinan Universitas
  2. Pimpinan Fakultas
  3. Pusat Penjaminan Mutu Universitas
  4. Gugus Penjaminan Mutu Fakultas
  5. Unit Penjaminan Mutu selingkung fakultas
  6. Seluruh pimpinan jurusan dan program studi
  7. Dosen selingkung fakultas
  8. Bimbingan konseling fakultas
  9. Kepala bagian, kasubbag, dan tenaga kependidikan selingkung fakultas
  10. Mahasiswa dan Alumni Prodi Sosiologi
  11. Linda Darmajanti (UI) dan Dr. Rawuh Edy Prijono (Unsoed) selaku asesor
  12. Semua pihak yang berkontribusi (KGS)