KULIAH TAMU KAPOLDA JAWA TIMUR


KULIAH TAMU KAPOLDA JAWA TIMUR oleh INSPEKTUR JENDERAL POLISI Drs. ANTON SETIADJI, SH, MH

 

Tanggal 20 September 2016 bertempat Di Gedung GEMA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM (FISH) UNESA  menyelenggarakan kuliah tamu dalam rangka Dies Natalis FISH. Sebuah kehormatan bagi FISH kuliah tamu dihadiri oleh Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Drs. Anton Setiadji, SH, MH sebagai narasumber. Dalam kesempatan itu Kapolda Jatim memaparkan tema “PERKEMBANGAN SITUASI KAMTIBMAS DAN PERAN MAHASISWA DALAM MENDUKUNG TERWUJUDNYA KAMDAGRI DI WILAYAH JAWA TIMUR.

Kuliah tamu tidak hanya dihadiri mahasiswa, tetapi hadir pula Rektor Unesa dan Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan di selingkung Unesa, para Ketua Lembaga, dan dosen. Kuliah tamu diawali sambutan Rektor Unesa Prof. Dr. Warsono, MS sekaligus membuka acara.

Kuliah tamu berlangsung 3 jam mulai pukul 08.00 sd 11.00. Kuliah tamu ini mengundang antusias mahasiswa terbukti 600 mahasiswa hadir dalam acara tersebut. Mahasiswa banyak yang bertanya saat sesi tanya jawab dibuka oleh moderator Dr. Ari Wahyudi, M.Si dosen prodi Sosiologi. Berbagai persoalan disampaikan mahasiswsa kepada Kapolda mulai dari masalah narkoba, pelanggaran lalu lintas, demonstrasi hingga pelecehan seksual. Dengan gaya santai tetapi serius Kapolda menanggapi semua pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa.

Satu hal paling urgen yang disampaikan Kapolda Jatim sebagai tanda penutup dari kuliah tamu adalah permasalahan keamanan dan ketertiban bukan hanya tanggungjawab kepolisian. Mahasiswa sebagai agen perubahan turut bertanggung jawab terwujudnya kamtibmas.