Tingkatkan Kompetensi UMKM: Unesa Kerjasama Dengan Kemenko PMK Gelar Pelatihan Branding Produk Lokal di Desa Widodaren dan Rejuno Kabupaten Ngawi
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/fish/thumbnail/a4715a77-dd34-4266-9e9a-7bced00490c2.png)
Ngawi-Tantangan dunia kewirausahaan saat inidihadapkan dengan dinamika yang beragam. Ketatnya persaingan kompetitor yangdiiringi dengan pesatnya perkembangan teknologi membuat perubahan berpikirmaupun beraktivitas manusia terutama dalam hal digitalisasi saat ini. Menanggapihal tersebut Unesa menggelar pelatihan branding produk lokal pada tanggal 24September 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di balai desa Widodaren danRejuno di ikuti oleh seluruh masyarakat Widodaren dan Rejuno yang menjadipelaku UMKM. Setidaknya dalam kegiatan tersebut terdapat 45 orang yang antusiasmensukseskan kegiatan tersebut. Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), MonicaJoice dalam pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kebutuhanwarga agar tetap eksis di UMKM lokal. Banyaknya masyarakat Widodaren yangbergerak dan berperan di UMKM membuktikan bahwa masyarakat memiliki kemandiriandan kompetensi yang baik, hanya saja perlu diberikan pelatihan dan pembinaanpelatihan branding produk lokal untuk mampu bersaing dengan kompetitor danmampu mengikuti perkembangan yang ada.
Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd sebagai penanggungjawab kegiatan inimendorong Kader Kebangsaan Tingkat Lanjut untuk menjawab salah satu porosGerakan Nasional Revolusi Mental yakni Gerakan Indonesia Mandiri. Pasca PandemiCovid 19, ekonomi masyarakat harus tumbuh kembali, salah satu kuncikeberhasilannya ada pada UMKM disetiap Desa, ujarnya.
Saatnyaproduk-produk lokal harus memasuki market digital untuk memperkuatpemasaran dan menambah penghasilan usaha semua pelaku UMKM, ujar Iman PasuPurba, S.H.M.H sebagai Ketua Pelaksana kegiatan ini. Mahasiswa-mahasiswa yangsudah diperlengkapi pada program Kursus Kader Kebangsaan Tingkat Lanjut,Kerjasama Unesa dengan Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Pembangunan danKebudayaan) berkomitmen untuk mendampingi dan mendukung usaha pelaku usaha UMKMini, tambahnya
Komunikasi pemasaran memiliki peran penting sekaligus menjadi perankunci keberhasilan UMKM. Pada kesempatan tersebut kepala desa Rejunomengungkapkan dengan adanya pelatihan branding produk lokal dapat memberikanedukasi pelaku UMKM untuk meningkatkan geliat pertumbuhan ekonomi lokal desa.Melalui digitalisasi juga diharapkan mampu memeperluas sasaran pemasaran.Selain itu, Kepala desa rejuno juga menyampaikan kegiatan semacam ini bisadilaksanakan dilain kesempatan dan dilakukan secara berlanjut.
Dalamkegiatan tersebut mahasiswa Unesa dan Mahasiswa UPN menjelaskan kepadamasyarakat pentingnya branding dalam produk lokal dan penguatan identitaskarakter produk. Dalam lapangan banyak masalah terkait belum adanya desain logodan packaging kemasan, pada kesempatan yang berharga itu pula fasilitator ataumahasiswa yang berkontribusi memberikan pemahaman bahwa desain logo itu pentingkarena melalui desain logo dapat menciptakan kesan pertama yang baik jugamenjadi pembeda dengan produk lain serta sebagai aset untuk mengenalkan produk
Pada kesempatan itu juga disampaikan tentang bagaimana cara foto produkyang baik dengan menggunakan bahan atau properti seadanya seperti kertas manilawarna putih atau hitam sebagai background dan lampu ring light sebagai cahayabuatan untuk membantu pencahayaan dalam foto produk. Masyarakat dapat prakteklangsung untuk mencoba melakukan foto produk dengan dampingan mahasiswa Unesadan UPN. Melihat peluang pemasaran di sosial media maupun e-commerce, turutdisampaikan bagaimana cara untuk menjadi penjual didalam e-commercehingga cara untuk mengunggah produk lokal ke dalam toko online. Permasalahanpelaku UMKM desa Widodaren yakni banyaknya masyarakat yang masih belum berkenanmembuka toko online dikarenakan akses desa yang belum memadai, namun haltersebut bukan menjadi permasalahan yang terpenting masyarakat dapat mengetahuidan memahami prosedur untuk membuka tokoonline sehingga masyarakat mampu menjual produk lokal dengan jangkauan yanglebih luas nantinya. (Zahro_Kanira)
Hasil yang didapat dari kegiatan tersebut adalah masyarakat dapatmelakukan pemasaran lebih luas dan praktis melalui e-commerce serta meningkatnyapemahaman masyarakat tentang branding dalam produk. Dari kegiatan tersebutdiharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mendorong pertumbuhan penjualanproduk hasil olahan masyarakat sendiri dan meningkatnya omzet pada masyarakatyang mempunyai UMKM.
Share It On: