PROGRAM KERJA WEBINAR HISTORY ENTREPRENEURSHIP 2024
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/fish/thumbnail/5752ef02-709c-43c5-bb2e-8aa4e1710ed3.png)
PROGRAM
KERJA WEBINAR HISTORY ENTREPRENEURSHIP 2024
"Strategi
Menjadi Wirausaha Muda yang Mampu Menaklukkan Tantangan di Era Digital"
Pada
hari sabtu tanggal 30 Maret 2024, Departemen Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa
Prodi Pendidikan Sejarah menjalankan Program Kerja Webinar History
Entrepreneurship dengan tema "Strategi Menjadi Wirausaha Muda yang Mampu
Menaklukkan Tantangan di Era Digital" melalui via zoom meeting. Tema yang
diangkat dalam webinar ini dengan mengingat bahwa untuk membuka peluang bagi
masyarakat umum khususnya generasi muda yang memiliki minat dalam
berbisnis, dan memberikan pemahaman
tentang berbagai macam tantangan yang dihadapi dalam berwirausaha. Dalam
webinar kali ini Departemen Kewirausahaan menghadirkan 2 pemateri yang sangat
luar biasa juga informatif untuk berdiskusi bersama. Kedua pemateri tersebut
yakni Prof. Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si. Dosen dari Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Negeri Surabaya dan Kak Farida Noer Fitri selaku Founder
bloomingpeak, asisten virtual startup Singapura.
Ibu
Sri Iriani menyampaikan bahwa "Sejauh mana perjuanganmu untuk mewujudkan
mimpi itu, sehingga mimpi itu bisa menjadi kenyataan". Pada dasarnya kita
harus mengenal diri sendiri, seperti mengembangkan inovasi dan ide-ide yang
dimiliki, belajar untuk memahami dan mengatasi tantangan, serta yang terpenting
memiliki semangat untuk belajar dan menerima pengalaman baru. Beliau juga
menjelaskan hal apa yang akan kita lakukan jika menjadi wirausaha muda yaitu
Amati, Tiru, Modifikasi. Hal tersebutlah yang akan menjadi peluang dalam
berbisnis pada era di gital seperti sekarang ini.
Pada
materi kedua ini yang disampaikan oleh Kak Fitri selaku Founder bloomingpeak.
Menjelaskan tentang bagaimana pemanfaatan medsos, pemasaran, dan pengembangan
usaha di era digital. Beliau juga menceritakan bahwa dirinya telah membuka
usaha bloomingpeak dari tahun 2020, suka dan duka telah ia lewati. Beliau juga
menjelaskan bahwa belajar media sosial untuk berbisnis juga penting, contohnya
dengan cara membuat konten yang menarik. Tak lupa juga harus tetap menggunakan
strategi yaitu memiliki gairah, pengalaman, dan pola berpikir apakah hal ini
menguntungkan atau tidak. Generasi muda zaman sekarang pastinya lebih paham
akan teknologi, seharusnya ini peluang yang sangat besar jika dimanfaatkan
dengan baik.
Dari
kedua materi tersebut dapat disimpulkan bahwa generasi muda zaman sekarang
seharusnya memiliki tekad dan semangat yang besar untuk belajar berbisnis,
serta harus memiliki strategi untuk berjaga-jaga kedepannya agar bisa mencari
solusi dan menaklukkan tantangan yang ada. Dengan demikian generasi muda juga
bisa berkolaborasi menuangkan gagasan serta ide-ide yang akan digunakan
untuk berbisnis.
Nama :
Ayuning Wulan Ruslita Putri
NIM :
23040284025
Share It On: