FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM
Menu > Berita dan Agenda > Berita > MEMBANTU KESULITAN PANGAN MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH MELALUI BANTUAN PAKET SEMBAKO
MEMBANTU KESULITAN PANGAN MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH MELALUI BANTUAN PAKET SEMBAKO

27 July 2020 | 21:05 pm

Di Unggah Oleh : ( fishunesa2 )

MEMBANTU KESULITAN PANGAN MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH MELALUI BANTUAN PAKET SEMBAKO

 

Di Indonesia sejak Maret 2020 dilaporkan kasus positif Covid-19 yang pertama. Pada tanggal 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Corona Virus Disease 2019 menjadi Pandemi Internasional. Artinya, negara-negara di seluruh dunia harus merespon, mencegah, serta menangani pandemi virus Corona. Pemerintah melakukan upaya pencegahan melalaui sosialisasi pola hidup sehat, mendorong masyarakat untuk bekerja di rumah, dan melakukan physical distancing. Kebijakan ini berdampak terhadap aktivitas ekonomi masyarakat yang tidak berjalan normal, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Surabaya, sehingga masyarakat mengalami kesulitan pangan. Oleh karena itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi S1 Pendidikan IPS FISH Unesa yang diketuai oleh Ali Imron, S.Sos., M.A., ikut ambil bagian membantu masyarakat yang terimbas pandemi melalui penyaluran bantuan paket sembako.

Kegiatan ini dilakukan, dengan harapan dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah di Surabaya yang terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan PKM ini diawali dengan observasi terhadap masyarakat sasaran melalui identifikasi permasalahan yang dihadapi dan alternatif solusi yang tepat untuk dilakukan. Kegiatan PKM ini diarahkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah di RT 7/RW 6, Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Surabaya. “Pendataan dilakukan agar masyarakat yang akan menerima bantuan sembako tepat sasaran sehingga bermanfaat bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Surabaya yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19”, tutur Ali Imron, ketua tim PKM. Kegiatan selanjutnya adalah pengadaan paket sembako sebanyak 40 paket, yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie instant, teh, kopi, dan sarden yang dibungkus dalam paket yang menarik. Tahap selanjutnya, tim PKM melakukan pembagian sembako langsung ke masyarakat didampingi oleh Ketua RT 7  pada hari Jum’at, 24 Juli 2020.

“Saya mewakili warga RT 7 mengucapkan terima kasih kepada Tim PKM Prodi IPS FISH dan Universitas Negeri Surabaya yang secara ikhlas membantu warga kami yang berpenghasilan rendah yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini. Semoga bantuan ini menjadi barokah bagi Unesa dan kita semua. Aamiin”, ungkap Osfendi, Ketua RT 7.

BERITA LAINNYA

 

ALUR LAYANAN TIM PEMBINA PRESTASI MAHASI

05 August 2020 | 13:32 pm | fishunesa2

 

MEMBANTU KESULITAN PANGAN MASYARAKAT BER

27 July 2020 | 21:05 pm | fishunesa2

 

MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN MASYARAKAT T

27 July 2020 | 21:04 pm | fishunesa2

 

PELATIHAN BERSERI BAGI GURU DAN DOSEN PP

21 July 2020 | 21:45 pm | ppkn

Top