FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM
Menu > Berita dan Agenda > Berita > Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara : Peringati Hari Kesaktian Pancasila Melalui Kompetisi Ilmiah Mahasiswa
PRODI S1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA : PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA MELALUI KOMPETISI ILMIAH MAHASISWA

03 October 2019 | 16:19 pm

Di Unggah Oleh : ( adm_publik )

Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya pada hari Selasa, 01 Oktober 2019 telah sukses menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Ilmiah Mahasiswa 2019 atau yang sering dikenal dengan sebutan KIM. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan ini dalam rangka pekan ilmiah mahasiswa. Kegiatan KIM ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara. Tujuan dari kegiatan ini guna mengasah kemampuan berpikir kritis dan penyaluran gagasan/ide solutif dari mahasiswa melalui tulisan karya ilmiah. Kompetisi penulisan kali ini mengusung tema “Tantangan dan Peluang: Pengembangan Kebijakan dan Inovasi Daerah dalam Revolusi Industri 4.0” dengan pilihan subtema Pendidikan, Sosial Budaya, Ekonomi, Kesehatan dan Lingkungan. Kegiatan KIM diikuti oleh mahasiswa S1 Ilmu Administrasi Negara mulai angkatan 2017 hingga 2019.

Pada tahun ini kegiatan KIM dibantu oleh salah satu komunitas mahasiswa yang ada pada Jurusan Administrasi Publik yaitu Development of Administrator Community (DAC). Kegiatan KIM tahun ini terdiri dari dua kategori yaitu essay dan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Informasi lomba sudah dipublikasikan jauh–jauh hari dan para peserta bisa mengunduh juknis melalui media sosial milik DAC. Peserta bisa melakukan pendaftaran dan pengumpulan karya mulai pada tanggal 9 sampai 30 September 2019. Kemudian telah ditetapkan 10 tim essay dan 9 tim KTI yang lolos ke babak selanjutnya yaitu presentasi. Peserta yang lolos ke babak presentasi kemudian mengikuti technical meeting pada Senin sore guna membahas mekanisme presentasi yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 1 Oktober 2019.

Pelaksanaan presentasi dipandu oleh Ngukup Cahyo dan Meki Wastiti sebagai MC diawali dengan pembukaan dan do’a, kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unesa. Pada kegiatan ini sambutan dan pembukaan secara simbolis disampaikan oleh Bu Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP. selaku Kaprodi S1 Ilmu Administrasi Negara. Setelah itu para peserta diarahkan ke dalam ruangan yang berbeda untuk setiap kategori yaitu essay dan KTI. Kategori KTI terdapat 9 tim dengan 3 orang juri yaitu Ibu Fitrotun Niswah, S.AP., M.AP., Bapak Trenda Aktiva Oktariyanda, S.AP., M.AP, dan Bapak Jaka Nugraha, S.AB., M.AB, MBA. Sedang kategori essay terdapat 10 tim dengan 2 juri yaitu Bapak Badrudin Kurniawan, S.AP., M.AP. dan Bapak Galih Wahyu Pradana S.AP., M.Si.

Para peserta diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan karya tulis mereka dan 5 menit untuk tanya jawab. Tanya jawab diberikan oleh salah satu perwakilan dewan juri dan salah satu peserta dalam ruangan. Para peserta mengemukakan gagasan–gagasan mereka yang sangat intelektual, para dewan juri juga mengkritisi dan memberi masukan mengenai tulisan para peserta. Setelah penghitungan nilai, telah ditetapkan setiap juara dari masing–masing kategori. Pemenang kategori KTI sebagai berikut: 1) juara pertama diraih oleh Ruliani Siregar dkk dengan mengusung topik pengembangan transportasi becak dalam bidang wisata di Kota Surabaya, 2) juara kedua diraih oleh Hafids dkk dengan topik eksistensi kebijakan Pasar Jadul Ahad Legi di Kab. Ngawi, dan 3) juara ketiga diraih oleh Christina dkk dengan topik E-kadesta atau tiket wisata elektronik di Kab. Malang. Pemenang kategori Essay sebagai berikut: a) juara pertama diraih oleh Fikky dkk dengan topik optimalisasi BUMDes berbasis one village one product di Kab. Bojonegoro, 2) juara kedua diraih oleh Ni Putu Ruslina dengan topik gerakan sampah berpoint untuk meningkatkan kesadaran membuang sampah, dan 3) juara ketiga diraih oleh Debbie Eli dkk dengan topik pengembangan E-Fishbu atau electronic fish buying di Kab. Tuban. Selain itu juga ditentukan pemenang kategori Best Paper sebagai berikut: 1) kategori KTI diraih oleh Rizka Wahyu dkk dengan topik keefektifan kebijakan transportasi Suroboyo Bus, dan 2) kategori essay diraih oleh Siska dkk dengan topik tempat sampah masa depan. Sedangkan pemenang kategori Best Presentation sebagai berikut: 1) kategori KTI diraih oleh Lailatus Suhroh dkk dengan topik pelayanan E-health, dan 2) kategori essay diraih oleh Mifta dkk dengan topik tantangan dan peluang e-lampid di Surabaya.

Selamat kepada para pemenang dan diharapkan mampu memberkan kontrbusi terhadap isu/permasalahan yang ada di Indonesia. Kompetisi ini diharapkan tetap terlaksana setiap tahunnya guna mewadahi nalar kritis para mahasiswa S1 Ilmu Administrasi Negara terkait isu dan permasalahan yang sejalan dengan rumpun ilmunya. Sampai jumpa pada kegiatan KIM pada tahun depan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkontrbusi melalui gagasan-gagasan yang kreatif dan solutif.

BERITA LAINNYA

 

PELANTIKAN PENGURUS ORGANISASI MAHASISWA

19 February 2020 | 10:50 am | fishunesa2

 

PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA MELALUI

05 December 2019 | 17:18 pm | adm_publik

 

PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA MELALUI

08 November 2019 | 13:28 pm | adm_publik

 

PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN MELALUI P

08 November 2019 | 13:29 pm | adm_publik

Top