RUANG AMARAH, JASA HASIL PKM MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI

Marah adalah salah satu bentuk emosi yang sering terjadi pada manusia. Marah seharusnya menjadi perasaan normal yang dirasakan oleh setiap manusia. Namun, beberapa orang kurang memiliki kemampuan dalam mengendalikan amarah hingga berdampak buruk bagi fisik dan mental lebih parahnya juga bagi orang sekitar. Melihat situasi tersebut kelompok PKM yang diketuai oleh Sofiyah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi memfasilitasi orang- orang yang ingin melampiaskan amarah namun tidak merugikan sekitarnya. Konsep yang dibuat berupa penyedia ruangan untuk digunakan sebagai tempat pelampiasan amarah yang bernama RUAM (ruang amarah), RUAM ini bertempat di Surabaya Carnival Park, Jalan Frontage Ahmad Yani no 333 Dukuh Menanggal Surabaya, RUAM bertujuan memberikan wadah bagi individu dalam pelampiasan amarah yang merupakan solusi untuk mengurangi hambatan dalam komunikasi. Ruang amarah ini menjadi yang pertama dan satu- satunya di Indonesia.

Ruang amarah di desain agar mampu memberikan kepuasaan pengunjung dalam melampiaskan amarah namun tetap mementingkan faktor keselamatan yang ada. Dalam ruang amarah terdapat berbagai fasilitas penunjang bagi setiap pengunjung yang ingin meluapkan amarah mulai dari samsak untuk dipukuli, kain putih beserta cat dan spidol untuk mencoret kain, papan lempar jarum, tongkat kasti, piring dan mangkuk untuk dilempar, serta beberapa barang penunjang lainnya. Namun, keselamatan tetep menjadi hal utama yang selalu diperhatikan yakni dengan menyediakan pakaian pelindung, sepatu boot karet, sarung tangan karet, helm pelindung, kaca mata, dan pelindung telinga.

Banyaknya masalah yang timbul di kehidupan manusia sehari-hari berupa ungkapan amarah yang kurang tepat dapat berdampak terganggunya proses komunikasi. Dalam hal berkomunikasi emosi turut berperan aktif dalam prosesnya baik kepada komunikan, komunikator, maupun isi dari proses komunikasi itu sendiri. Tetapi masih banyak individu yang belum bisa mengendalikan emosinya dan menyebabkan proses komunikasi tidak berjalan dengan baik. Sehingga dengan adanya Ruang Amarah ini diharapkan membantu individu yang kesulitan dalam mengatur emosi saat berkomunikasi dalam lebih stabil dan berjalan kondusif. (ikom)