PERSYARATAN SIDANG SKRIPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI

Tahun ini mahasiswa Ilmu Komunikasi tingkat akhir sudah mulai menyusun skripsi dan bahkan sudah ada beberapa yang telah mengajukan sidang skripsi. Dalam pengajuan sidang skripsi banyak persiapan dari berbagai aspek yang harus mahasiswa lengkapi diantaranya adalah berkas pendaftaran namun demikian kenyataannya masih banyak mahasiswa ilmu komunikasi yang belum tahu syarat apa saja yang harus dilengkapi. Berikut informasi penting mengenai syarat pendaftaran sidang skripsi .

Pendaftaran ke jurusan berkas yang harus disiapkan :

  1. KRS dari semester pertama sampai semester terakhir
  2. KHS semester 1 sampai semester terakhir
  3. Kartu bimbingan, dengan minimal bimbingan 8 kali
  4. Lembar pengesahan dari dosen pembimbing
  5. Draf skripsi

Draf skripsi juga digandakan sebanyak 3 eksmplar, yang masing-masing diberikan langsung kepada penguji dan pembimbing satu minggu sebelum sidang dilaksanakan.

  1. Mengisi data proposal dan data sidang di fish.unesa.ac.id

Setelah anda mengisi data di web tersebut, maka bisa mendownload beberapa file, seperti undangan sidang, form nilai sidang, berita acara

  1. Sertifikat TEP jika sudah ada, namun jika belum sertifikat boleh menyusul dalam kurun waktu yang ditentukan sebelum yudisium berlangsung

Semua persyaratan tersebut harus masuk ke jurusan satu minggu sebelum sidang skripsi. Proses selanjutnya setelah berkas pendaftaran sudah diterima jurusan, mahasiswa harus kembali melapor ke prodi untuk mengetahui jadwal sidang. Informasi jadwal sidang ini diperlukan untuk membuat undangan sidang yang akan diproses pihak jurusan. Selanjutnya sebelum sidang disetujui kaprodi akan mengecek terlebih dahulu  naskah skripsi, untuk melihat apakah ada unsur plagiarisme lebih dari toleransi 20%. Jika skripsi terindikasi plagiarisme lebih dari toleransi yang diberikan maka jadwal skripsi yang bersangkutan akan diundur.

Sementara beberapa aturan dari prodi yang perlu mahasiswa ketahui untuk sidang skripsi adalah sebagai berikut

  1. Surat pernyataan bebas plagiarisme
  2. Berpakain kemaja putih dan bawahan hitam (laki-laki menggunakan celana bahan, perempuan rok hitam)
  3. Draft skripsi 3 eksemplar 1 minggu sebelum sidang berlangsung
  4. Mengikuti jadwal yang ditentukan prodi, jika dibatalkan akan dijadwalkan pada periode berikutnya.
  5. Setelah sidang skripsi, jika ada revisi harus diselesaikan maksimal 1 bulan setelah sidang dilaksanakan

Setelah merevisi skripsi dan mendapat persetujuan dari masing-masing penguji dan pembimbing mahasiswa harus mengunggah  skripsi yang sudah mengikuti tamplate jurnal, informasi mengenai unggah jurnal dan tamplate bisa dicek pada siakad mahasiswa.