DISKUSI RUTIN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI BAHAS DUNIA BROADCASTING

Ilmu komunikasi tidak lepas dengan dunia broadcasting dan jurnalistik, maka tidak heran bila menjadi pekerja media terutama televisi, banyak menjadi impian mahasiswa komunikasi. Menanggapi hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi ( HIMAKOM) mengadakan acara BERISIK (Berani Diskusi itu Baik) dengan tema  “ Mau Magang di TV ? Siapkan Dari Sekarang”. Berada di taman ikom pada tanggal 17 Mei lalu, kegiatan ini diisi dengan sharing pengalaman dari Waisy Al Qurni Dorida atau kerab disapa mbak Ais yang telah berpengalaman magang di Metro TV.

Ais banyak menceritakan pengalaman yang didapat saat magang di media, dia bercerita bahwa magang di media memiliki jam kerja yang berantakan tidak seperi bekerja di kantor, dia mengatakan bahwa saat magang merupakan proses mencari ilmu  yang tidak dipelajari saat perkuliahan di kelas. Mahasiswa semester 8 tersebut juga mengungkapkan bahwa magang  jauh beda dengan kegiatan pembelajaran kita selama kuliah, karena magang membuat kita langsung menghadapi permasalahan dan pekerjaan secara langsung dan saat seperti itu kemampuan mengaplikasikan apa- apa yang sudah dipelajari di kampus menjadi penting.

“magang sangat berbeda dengan kegiatan perkuliahan, maka dari itu kita harus menggunakan kesempatan magang kita sebaik-baiknya, lebih baik lagi kalau kita magang itu memilih bidang yang tidak pernah kita dapat di perkuliahan, sehingga kita pulang dapat ilmu lebih” tutur Ais.

Ais juga membagi tips bagi untuk  persiapkan diri seperti berlatih mengoperasikan software editing fotografi dan videografi, minimal hal hal yang dasar lalu persiapkan dan membuat portofolio mulai dari sekarang membuat list apa yang sudah dicapai dan apa kemampuan yang  dimiliki untuk memudahkan ketika mendaftar magang disuatu tempat dan memudahkan penempatan dibidang apa dengan melihat portofolio kita.

“Pilihlah jurusan atau bidang sesuai dengan yang kalian suka, sesuai dengan passion kalian yang tau apa yg kalian suka ya kalian sendiri karena saat kalian ngerjain sesuatu yg kalian suka itu lebih enak dan gak ada tekanan” tutur Ais (ikom/Hervina)