KLINIK PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM)

 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Lima Bidang dan AI-GT, Penelitian, dan Program Mahasiswa Wirausaha merupakan salah satu program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam memfasilitasi potensi mahasi swa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Disamping itu, melalui program ini diharapkan dapat mengurangi kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa melalui kontribusi nyata mereka dalam penyelesaian permasalahan dan realita masyarakat yang ada.

Menimbang besarnya manfaat yang dapat diperoleh mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Lima Bidang dan AI-GT, Penelitian, dan Program Mahasiswa Wirausaha sebagaimana disebutkan di atas, maka Jurusan Pendidikan Geografi yang terdiri dari Prodi S1 Pendidikan Geografi dan Prodi Pendidikan IPS memandang penting untuk dilaksanakannya Klinik Program Kreativitas Mahasiswa. Klinik Program Kreativitas Mahasiswa merupakan kegiatan yang dirancang untuk membekali mahasiswa untuk tidak hanya berpartisipasi Program Kreativitas Mahasiswa, akan tetapi juga berprestasi/memenangkan beberapa kompetisi dalam ajang tersebut. Sehingga dapat membawa nama harum Prodi pada khususnya dan Universitas Negeri Surabaya pada umumnya.

Tujuan diadakannya Klinik Pelatihan Penulisan PKM oleh Jurusan Pendidikan Geografi FISH – UNESA adalah :

  1. Memperkenalkan standarisasi PKM tahun 2017.
  2. Memberikan pembekalan untuk mahasiswa tentang cara penulisan PKM.
  3. Meningkatkan kualitas usulan PKM.
  4. Memotivasi mahasiswa untuk membuat sebuah inovasi.
  5. Mendapatkan informasi proposal yang baik dan benar.

Tema dari kegiatan Klinik Proposal PKM untuk Mahasiswa Baru Pendidikan Geografi dan Pendidikan IPS FISH-UNESA ini adalah

Mewujudkan Peran Mahasiswa yang Kreatif, Kritis, dan Inovatif

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga siklus yaitu :

Waktu dan Tempat kegiatan ini adalah sebagai berikut.

Hari/ Tanggal : Rabu 11 April 2018, 17 April 2018, 28 Agustus 2018

Waktu             : 09.00 – selesai

Tempat            : Ruang i6 FISH UNESA

          Kegiatan ini merupakan pelatihan tentang penulisan PKM setingkat Jurusan yang merupakan agenda yang terprogram pada Dana RBA Jurusan Pendidikan Geografi FISH Unesa pada tahun 2018. Kegiatan ini diisi oleh materi-materi yang meliputi :

  • Pengenalan PKM
  • Sitematika penulisan PKM
  • Penggalian ide dan pembuatan judul
  • Pelatihan penggunaan software mendeley
  • Pemutaran video motivasi
  • Informasi alur PKM

Peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 Prodi Pedidikan Geografi dan mahasiswa angkatan 2017 Prodi Pendidikan IPS, selama pelatihan berlangsung mahasiswa sangat antusias terhadap terlaksananya kegiatan ini dan mendengarkan dengan seksama setiap materi yang diberikan.