Kelas Tirto.id 2018 Hadir di Fish Unesa

Surabaya (26/04/2018) – prodi ilmu komunikasi UNESA kembali dikunjungi team redaksi media online, kalau pekan lalu IDN Times memberikan pelatihan jurnalistik kali ini pun tirto.id hadir dengan memberikan pelatihan jurnalistik ditengah-tengah mahasiswa ilmu komunikasi maupun peserta umum. Tirto.id sendiri merupakan sebuah situs media yang memuat banyak konten berita, artikel, infografik dll.

Salah satu narasumber yaitu Sapto memberikan materi tentang Tirto.id secara garis besar, mulai dari apa itu tirto, bagaimana sejarah Tirto, cara kerjanya di Tirto serta penghargaan apa saja yang telah di raih oleh Tirto. Tirto sudah berjalan selama 2 tahun terhitung mulai tahun 2016 sampai sekarang. Kematangan Tirto mengelola media onlinenya terlihat dari pengghargaan yang sudah mereka perolah salah satunya adalah anugerah Adinegoro dari pemerintahan. Tirto juga menjadi salah satu media di Asia yang bekerja sama dengan IFCN ( Internasional Fact-Checking Network ) sebagi media Fact Checking. Tirto selalu mengedepankan jurnalisme presisi dimana menerapkan metode riset ilmu sosial dan perilaku dalam praktik jurnalisme.

Menurut Fahri, selaku pemateri sekaigus editor di Tirto.id mengatakan bahwa “ menjadi seoraang jurnalis itu jangan sampai ada yang menjadi jurnalis cangkem dalam arti apa yang dikatakan narasumber langsung dimuat aja semuanya tanpa mengetahui kebenarannya itu salah. Menjadi seorang jurnalis itu harus memverifikasi dan mencari data yang benar atau tidak setelah narasumber berbicara.” Ungkapnya disela-sela materi reportase dan penulisan.

Kelas tirto 2018 ini diselenggaran di Surabaya dengan tujuann agar masyarakat tahu bagaimana cara kerja dan membuat suatu konten berita yang menarik seperti Tirto.id. Kelas Tirto 2018 diikuti oleh kurang lebih 115 peserta umunya peserta berasal dari Unesa. Para peserta nampaknya sangat antusias saat diadakan kelas tirto 2018 ini, terlihat dari beberapa peserta yang aktif bertanya dan bersemangat mengikuti beberapa praktek jurnalistik. Kelas tirto dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai pukul 18.00 WIB. Banyak sekali manfaat yang diperoleh peserta selepas mengikuti kelas tirto ini, selain kemampuan membuat berita mahasiswa juga mendapatkan bekal mental dan moral jika ingin terjun di dunia jurnalisme. (ikom)