SOSIALISASI PEMILU DARI KPUD UNTUK PEMILIH MUDA

Pemilu serentak sudah didepan mata, Berbagai kegiatan berbau politik juga telah banyak berlangsung. Kali ini KPU yang sedang bekerja keras untuk  mencapai target  70% pemilih, salah satunya dengan kegiatan sosialisasi yang dilakukan pada hari kamis (12/04) di Aula Srikandi, Gedung i6 fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. Bersama Dewita Hayu Shinta ( Komisioner KPU JATIM), Awang Dharmawan (Dosen Komunikasi Politik, UNESA), Budiono MT (Digital Marketing, Researcher) diadakanya Seminar dan Sosialisasi Pemilihan Umum Gubernur Jawa Timur Bersama KPUD Jawa Timur. Kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan banyak informasi kepada pemilih pemula.

Dewita Sebagai pengurus KPUD JATIM membeberkan proses- proses pelaksanaan pemilu, bagaimana mengecek data diri calon pemilih, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dan bagaimana cara memilih. Selain itu, Dewita juga memberitahukan banyaknya perubahan dari UU PEMILU, salah satunya aturan- aturan mengenai kampanye yang sekarang telah terstruktur dan berpusat. Dewita sangat gamblang menjelaskan hal- hal yang berhubungan dengan pemilihan dan mahasiswa menyimak yang disampaikan dengan baik.

Sedangkan Awang Dharmawan sebagai dosen Komunikasi Politik menjelaskan bagaimana politik dan anak muda sekarang ini. Awang berpendapatan bahwa kaum millenial sekarang ini tidak banyak tertarik dengan isu- isu politik.

“ saat ini anak muda jarang yang tertarik dengan isu- isu politik yang murni politik, mereka lebih tertarik dengan isu politik yang ringan seperti berita mengenai Jokowi memakai jaket denim” tutur Awang

Disisi lain karena kaum millenial dan media digital adalah hal yang tidak terpisahkan, Budiono MT menjelaskan bagaimana kampanye dan gerakan politik yang ada di media baru saat ini. Budiono memberitahuan beberapa web yang bergerak di bidang politik untuk anak muda seperti jariungu.com atau ayovote.com. web- web seperti ini akan membantu kaum millenial sebagai pemilih baru mendapat pengetahuan lebih mengenai politik.(Ikom/Hervina)