TEMU ALUMNI DAN KONGRES I IKAMSOS: SOSIOLOGI BERKIPRAH UNTUK NEGERI


Mahasiswa Sosiologi merasa bangga dan berbesar hati dengan pelaksanaan “Temu Alumni Sosiologi dan Kongres Pertama Ikatan Alumni Sosiologi UNESA (IKAMSOS) yang dilaksanakan pada hari Minggu, 10 September 2017.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial sekaligus Ketua Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dah Hukum Universitas Negeri Surabaya Dr. Sugeng Harianto, M.Si. itu bisa mempertemukan para mahasiswa Sosiologi dengan para alumninya, sehingga pada sambutannya Sugeng Harianto mengharapkan para alumni Sosiologi harus sering membangun komunikasi yang efektif dengan Program Studi Sosiologi  demi penguatan kelembagaan Program Studi Sosiologi dan demi para mahasiswa sosiologi yang masih studi agar lebih termotivasi untuk menyongsong masa depan.

Kajur Dr Sugeng Harianto memberi Sambutan

Pada sesi telling succes story, yang pertama kali tampil adalah Fadlan Habib, alumni Sosiologi Angkatan 2002. Fadlan Habib  sekarang bekerja sebagai peneliti di Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gajah Mada. Fadlan menceritakan ketika alumni Sosiologi Unesa harus mempunyai optimism dan kepercayaan diri yang kuat ketika bersaing dengan alumni Sosiologi dari perguruan tinggi yang lebih mempunyai reputasi. Dunia kerja lebih membutuhkan kualitas alumni sosiologi Unesa, tidak memandang asal perguruan tinggi. .

Kegiatan itu juga menampilkan para alumni yang lain, di antaranya Puji Laksono (guru di Pondok Amanatul Ummat Mojokerto dan staf pengajar di sebuah perguruan tinggi di Kota Mojokerto), Abdus Shomad (seorang enterpreneaur dan developer perumahan), dan Benecditus Wahyu Kurniasan (praktisi perbankan). Alumni lain yang hadir tetapi tidak ditampilkan juga cukup banyak jumlahnya.

Para mahasiswa Sosiologi menyambut para aluminya dengan dialog. Mereka banyak yang menyampaikan pertanyaan, di antaranya Kleanta (mahasiswa Sosiologi Angkatan 2016) yang menanyakan “apa peran dan konstribusi alumni bagi masa depan Prodi Sosiologi, khususnya untuk mahasiswa yang magang”,  dan masih banyak lagi pertanyaan yang disampaikan mahasiswa.

Para alumni sosiologi yang tidak hadir di acara itu, misalkan Fikri (Peneliti di LIPI yang sedang menempuh studi pascasarjana di Jerman), Moh Ditya (Litbang Kementerian Pendidikan), Bagus Irawan (Sekretaris Jurusan Sosiologi UTM), mereka menyampaikan salam kebanggaan sebagai alumni sosiologi dan memotivasi para mahasiswa untuk lebih giat belajarnya demi kejayaan pribadi dan lembaga.

Kleanta Sosiologi 2016 bertanya

Beraharap pengalaman para alumni

Di akhir acara dilaksanakan pemilihan ketua umum IKAMSOS, yang terpilih sebagai Ketua Umum adalah Abdus Shomad, alumni Sosiologi yang sekarang bisnis pengembangan perumahan dalam naungan PT. Pilar Nusa Propetindo, dan Puji Laksono terpilih sebagai Sekretaris Jenderal. Selamat atas terbentuknya kepengurusan IKAMSOS masa bakti 2017 – 2021. SELAMAT BEKERJA DAN MENGABDI UNTUK NEGERI. (AMFi)