Kemeriahan Seminar Nasional Prodi S1 PPKn Sekaligus Pembukaan Rangkaian Gebyar Acara Dies Natalis FISH UNESA

Seminar Nasional Prodi S1 PPKn Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya bekerjasama Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI) serta didukung MGMP PPKn SMP dan SMA Jawa Timur dengan tema “Kewarganegaraan Transformatif dalam Masyarakat Multikultural” berlangsung dengan sangat meriah pada Rabu, 30 Agustus 2017 bertempat di Gedung Srikandi (i6) FISH UNESA.

Acara yang dimulai pukul 9.00 WIB tersebut diawali dengan penampilan paduan suara oleh tim paduan suara Peserta Program Profesi Guru PPKn, tim yang terdiri dari guru-guru bidang studi PPKn tersebut membawakan lagu-lagu diantaranya berjudul Indonesia Jaya, Rek ayo Rek.

Tim Paduan Suara Guru PPKn Peserta Program Profesi Guru yang Diselenggarakan UNESA

Berikutnya acara dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. selaku Dekan FISH UNESA, dalam sambutannya Dekan menegaskan bahwa permasalahan menyangkut kewarganegaraan semakin lama semakin kompleks. Oleh karenanya dibutuhkan peran dan partisipasi yang luas baik dalam pemikiran maupun tindakan guna mewujudkan perubahan yang lebih baik. “Dengan dibukanya acara Seminar Nasional Prodi S1 PPKn ini, maka secara resmi dimulai pula gebyar acara Dies Natalis FISH UNESA yang nantinya dikemas dalam beragam acara” lanjut Dekan.

Prof. Dr. Sarmini, M.Hum, Dekan FISH UNESA membuka secara resmi seminar nasional Prodi S1 PPKn sekaligus menandai dimulainya gebyar acara dies natalis FISH

Makna peran dan partisipasi yang luas sebagaimana Dekan dalam sambutan pembukaannya ternyata telah cukup diterjemahkan secara tepat dalam acara seminar nasional ini, terbukti Dr. Harmanto, M.Pd selaku Ketua Panitia menyebutkan komposisi pemakalah atau peserta seminar nasional Prodi S1 PPKn FISH UNESA telah mampu mewakili beberapa daerah di Nusantara. Mereka berasal dari Manado, Papua, Mataram, Lampung, Malang, Semarang, Ambon, dan lainnya. Demikian pula terlihat dari antusiasme peserta saat sessi materi, kesempatan berdiskusi tanya jawab tidak pernah dilewatkan.

peserta menyimak pemateri

Prof. Dr. Udin Saripudin W., M.A. sebagai salah satu pemateri dalam seminar nasional menyampaikan bahwa PPKn merupakan wahana transformatif kebangsaan, sehingga keberhasilan dalam pembelajaran PPKn tentunya membawa dampak yang positif bagi kemajuan bangsa. Senada dengan Prof. Udin, pemateri yang lainnya yaitu Prof. Dr. Warsono, M.S. mengidentifikasikan bahwa pada masa generasi “Z” seperti saat sekarang ini dibutuhkan peran pembelajaran PPKn yang komprehensif dan bermutu. Berdasarkan pandangan beberapa pemateri tersebut dapat diilustrasikan betapa penting peran pengajar serta pembelajaran PPKn, sehingga tidak keliru bila saat ini kebutuhan guru PPKn serta jumlah pengajaran PPKn yang berkualitas semakin meningkat.

Prof. Dr. Udin Saripudin W., M.A. (Ketua AP3KnI Pusat) sedang menyampaikan materi

Setelah sessi inti yang berupa pemaparan dari para pemateri dan dilanjutkan dengan tanya jawab selesai, kemudian para peserta dan pemakalah istirahat sejenak untuk berikutnya berlanjut sessi paralel yaitu presentasi para pemakalah sesuai dengan sub tema masing-masing. Tidak kalah menarik dengan sessi inti, dalam presentasi tersebut selalu diliputi dengan nuansa diskursus yang hangat serta menghasilkan rumusan-rumusan yang berguna bagi negara. Sebagai rangkaian acara dalam seminar nasional tersebut, berikutnya dan yang menjadi acara terakhir adalah rapat koordinasi pengurus (AP3KnI) wilayah Jawa Timur. Dengan adanya rakor tersebut, salah satunya adalah perlindungan terhadap anggota menjadi lebih ditingkatkan yaitu dengan adanya program advokasi. Sehingga melalui rakor yang diselenggarakan di ruang Prodi S1 PPKn FISH UNESA, para anggota profesi yang tergabung dalam AP3KnI akan memperoleh perlindungan hukum serta tentu kemanfaatan yang lebih.

Rapat koordinasi pengurus AP3KnI Jawa Timur di Prodi S1 PPKn FISH UNESA