Prestasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Baru Terbentuk, ARA Project meraih 2 kemenangan

 

Kompetisi video dan film pendek menjadi kompetisi yang tidak asing bagi jurusan Ilmu Komunikasi. Banyaknya kompetisi video dan film pendek dengan berbagai tema memacu rasa kompetitif mahasiswa, seperti ARA Project, salah satu tim produksi di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya yang berhasil memenangkan kompetisi Citizien Journalist Week Unversitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Lomba Video Local Food Project Institut Pertanian Bogor beberapa waktu lalu.

Tim yang baru terbentuk 6 bulan ini mengusung tema tradisional pada setiap video yang dikompetisikan. ARA Project memilih membuat video mengenai permainan tradisional untuk dikompetisikan di UMY sedangkan di IPB mereka mengangkat makanan tradisional. Asmarani Hana selaku editor mengungkapkan bahwa kemampuan menyampaikan narasi adalah hal yang sangat diperhatikan saat melakukan proses editing, mahasiswi angkatan 2014 ini juga menyampaikan bahwa banyaknya model visual yang diaplikasikan akan membuat video lebih menarik.

“di IPB kita ada animasinya, animasi itu untuk ilustrasi dari narasinya, dan sebagai tambahan biar visualnya nggak membosankan. Visual kan ada banyak, ada pengambilan gambar secara langsung, typowriting, animasi, jadi ya biar gak bosen aja, sejauh ini sih dukungan dari dosen yang menjadi motivasi utama” jelas Asmarani.

Selain itu tim yang terdiri dari Waisy Al Qurni, Asmarani Hana, Annisa sabrina juga selalu mencoba memberikan pesan positif dalam video yang dibuat, saat ini ARA Project sedang mempersiapkan 3 kompetisi di akhir tahun ini. ARA Project berharap terus bisa berkarya dalam berbagai lomba, tidak harus mendapat kemenangan, namun yang terpenting dapat menyampaikan pesan positif dan menginspirasi orang lain.

“Kita berusaha untuk membuat video kita memiliki nilai positif bagi yang menonton, kalo kalian kepo sama videonya lihat di channel YouTube kita ya ARA Project, jangan lupa subscribe” ungkap, Waisy.