Jurusan Hukum Sukses Selenggarakan Unesa Law Fair 2017


Hari Sabtu, 29 April 2017 kemarin telah sukses diselenggarakan 1st Unesa Law Fair 2017 yang berlangsung di Kompleks Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Acara tersebut berlangsung dari pukul 7.00 hingga pukul 18.00 yang terdiri dari rangkaian acara Cengkerama Soal Hukum, Kompetisi Debat Hukum dan Konstitusi dan Pameran dari Bagian Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Jurusan Hukum Unesa. Unesa Law Fair ini sendiri merupakan perayaan Dies Natalies ke-8 Jurusan Hukum Unesa.

(Mading Bagian Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara)

Acara dibuka dengan tarian “kembang turi” dari Hima Jurusan Hukum Unesa, dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, mulai dari Ketua Pelaksana, Ketua Jurusan Hukum dan Wakil Dekan III (Wadek III) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni TAMSIL, SH., MH. Dalam sambutannya Wadek III menyatakan bahwa tujuan acara ini yang terpenting ialah untuk menyebarluaskan jaringan Jurusan Hukum Unesa ke sekolah-sekolah SMA se-Jawa Timur. Selain itu Wadek III mengemukakan banyaknya pencapaian yang telah diperoleh Jurusan Hukum selama 8 Tahun sejak pendiriannya di Unesa.

(Penyerahan Cinderamata oleh Wakil Dekan III kepada Pembicara Dr. Rachmat Syafaat, SH., MH.)

(Defile Piala Unesa Law Fair 2017)

(Defile Peserta ULF 2017)

Setelah sesi pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi Cengkerama Soal Hukum dengan Pembicara Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Dr. Rachmat Syafaat, S.H., M.H. dengan tema “Negara Hukum yang Membahagiakan” dengan Moderator Eny Sulistyowati, S.H., M.H. yang merupakan dosen konsentrasi Hukum Bisnis Jurusan Hukum. Diskusi terkait upaya negara yang menggunakan perangkat hukum dalam usahanya membahagiakan rakyatnya tersebut mendapat antusias yang sangat banyak dari mahasiswa yang menjadi audiens dalam kesempatan tersebut.

(Suasana ceria memenuhi Hall i6 saat paparan pemateri)

Sementara itu di gedung i1 dilaksanakan pertandingan debat babak penyisihan hingga babak semifinal Kompetisi Debat Hukum SMA/SMK/MA se-Jawa Timur. Pertandingan debat tersebut berlangsung sangat kompetitif dimana banyak tim menang dengan skor tipis.

  (suasana pertandingan kompetisi debat hukum)

Dari rangkaian pertandingan yang dimulai dari pagi hingga sore, akhirnya mempertemukan 2 tim terbaik yang berhak masuk babak final yakni SMAN 1 Pamekasan dan SMAK St. Louis 1 Surabaya untuk memperebutkan Piala Bergilir Rektor Unesa. Pertandingan final tersebut berlangsung sangat ketat, adu argumentasi dan interupsi silih berganti dilakukan kedua tim. Akhirnya nilai juri menentukan bahwa SMAK St. Louis 1 Surabaya menjadi pemenang dengan skor 4-2. Gelar untuk SMAK St. Louis 1 Surabaya juga mendapatkan gelar pelengkap yakni Best Speker kepada Bryan Kenneth.

(Suasana Babak Final Kompetisi Debat Hukum ULF 2017)

Kami selaku Panitia Unesa Law Fair mengucapkan terima kasih atas support semua pihak, terutama sponsorship, juri dari semua program studi di FISH, dan kepada seluruh tim dari SMA/SMK/MA se-Jawa Timur untuk keikutsertaan dalam Unesa Law Fair 2017. Mohon maaf apabila dalam ULF 2017 terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan. Kami tunggu partisipasi sekolah-sekolah lain dalam ULF 2018.

(Tarian Pengantar Pengumuman Juara dari Awan Merah Hima Hukum Unesa)

(Penyerahan Hadiah Best Speaker kepada Bryan Kenneth – SMAK St. Louis 1 Surabaya)

(Juara 1 Kompetisi Debat ULF 2017 – SMAK St. Louis 1 Surabaya)     

(Juara 2 Kompetisi Debat Hukum ULF 2017 – SMAN 1 Pamekasan)

(Euforia Peserta bersama Orang tua)

(Bersama-sama menyanyikan Bagimu Negeri)

(Foto bersama segenap panitia)