Pendidikan Sejarah Unesa Hadir di Majapahit Travel Fair 2017


Majapahit Travel Fair (MTF) adalah event pemeran pariwisata terbesar di indonesia timur yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur  sejak 17 tahun yang lalu. Event Majapahit Travel Fair (MTF) yang ke 18 dengan tema “East Java Adventure Tourism” dilaksanakan pada 13-16 April 2017 di Grand City Convex Surabaya dan diikuti oleh sekitar  120 pelaku industri pariwisata, instansi dinas pariwisata provinsi dan kabupaten seluruh Indonesia, perusahaan travel, dan perguruan tinggi yang terkait dengan pendidikan kepariwisataan.

Keikutsertaan Unesa, yang dalam hal ini diwakili oleh Jurusan Pendidikan Sejarah pada MTF tahun ini,  mengangkat tema 900 KM Rute Perjalanan Raja Majapahit (Hayam Wuruk). Dalam konteks kepariwisataan, Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa tengah mengembangkan model kepariwisataan berbasis sejarah.

Dalam hal ini rute perjalanan Raja Hayam Wuruk sepanjang 900 Km dikembangkan melalui pendekatan pariwisata, sehingga menghasilkan paket wisata napak tilas Hayam Wuruk. Paket wisata yang berlabel “Wisata Raja Majapahit” tersebut, ternyata mampu menarik perhatian pengunjung dari dalam maupun luar negeri, terutama bagi mereka penggemar wisata petualangan dan kesejarahan.

Menurut Drs. Johanes Hanan Pamungkas, M.A, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah dan sebagai penanggung jawab stand Unesa pada MTF kali ini, mengatakan “keikutsertaan Unesa pada event Majapahit Travel Fair menunjukkan bahwa Unesa merupakan perguruan tinggi yang concern terhadap pengembangan dunia kesejarahan, pendidikan dan edupreneurship,” pungkas Drs. Johanes Hanan Pamungkas, M.A. (Inayah/RN)