Jurusan Hukum Selenggarakan Studium Generale “Asas Legalitas Materil” dalam Hukum Pidana


Hari ini (12/4) Jurusan Hukum menyelenggarakan Studium Generale (Kuliah Umum) Hukum Pidana dengan tema “Asas Legalitas Materiil” dalam Hukum Pidana dengan Pembicara Dr. DENI SETYO BAGUS YUHERAWAN, SH., MS. yang dilangsungkan di Ruang i6, Kompleks Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. Acara ini merupakan kegiatan rutin setiap semester yang selalu diadakan oleh Jurusan Hukum untuk memberikan tambahan perspektif dalam mata kuliah Hukum Pidana selain yang telah dijelaskan dalam perkuliahan. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa hukum angkatan 2014 hingga 2016 dengan dimoderasi oleh Dr. Pudji Astuti, SH., MH.

Paparan yang disampaikan oleh pembicara mengambil perspektif dari RUU-KUHP terhadap penegakan hukum pidana di Indonesia. Pembicara menyoroti perkembangan hukum pidana di Indonesia yang masih berpijak pada peraturan perundang-undangan hukum pidana yang lama yang tidak lagi komprehensif terhadap perkembangan zaman. Dr. Deni menambahkan bahwa kedepannya pembaharuan hukum pidana di Indonesia melalui RUU-KUHP ini harus dapat mengakomodir hukum yang hidup (hukum yang tidak tertulis) dalam masyarakat.

Mahasiswa hukum yang mengikuti kuliah umum ini sangat antusias dengan mengajukan pertanyaan yang berbobot salahsatunya terkait kualifikasi hukum yang hidup dalam masyarakat untuk dapat diakui sebagai salahsatu sumber hukum pidana materiil. Pembicara juga menekankan untuk kembali pada esensi hukum yakni moralitas yang berada pada core asas hukum untuk dituangkan pada norma hukum dan aturan hukum baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Pada tataran praktik, pembicara juga menekankan keberanian para penegak hukum melakukan rujukan pada prinsip hukum untuk penyelesaian kasus selain daripada aturan hukum yang tertulis tersebut.