SOSIOLOGI BERENCANA MEMBUKA PASCASARJANA (S2) PENDIDIKAN SOSIOLOGI


Program Studi Sosiologi Jurusan Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum berencana membuka kelas Program Pascasarjana Strata Dua (S2) Pendidikan Sosiologi. Hal ini merupakan respon terhadap banyaknya permintaan dari pihak luar untuk membuka S2 Pendidikan Sosiologi.

Maka dilaksanakanlah rapat Program Studi Sosiologi dengan menghadirkan para dosen dan pengelola Program Studi S1 Sosiologi, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 6 April 2017 bertempat di Ruang Dosen Prodi Sosiologi Gedung i6 Kampus Universitas Negeri Surabaya Ketintang.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Sosiologi Dr. Sugeng Harianto, M.Si dengan memulai pembicaraan tentang pilihan program studi, apakah sosiologi pendidikan atau pendidikan sosiologi. Pada akhirnya forum menyetujui untuk membuka program S2 Pendidikan Sosiologi, dengan beberapa alasan, diantaranya: pertama, banyaknya dari permintaan para guru SMU; kedua, para sarjana S1 Sosiologi atau lainnya juga bisa masuk di dalamnya.

Selain itu, ketiga, belum banyak program S2 Pendidikan Sosiologi yang dibuka di Indonesia, yang sudah misalkan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan di Indonesia Timur malah relatif belum ada yang membuka.

Dr. M. Jacky, S.Sos., M.Si sebagai ketua persiapan pembukaan Pascasarjana S2 Sosiologi menyampaikan bahwa sebelumnya sudah ada audensi ke Pimpinan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, yaitu Prof. Dr. Ismet Basuki, M.Pd., Beliau menerima dengan baik, dan diberikan arahan untuk bisa terwujud, lebih khusus adalah bagaimana para peminat studi bisa kontinyu dari tahun ke tahun.

Pada rapat Program Studi Sosiologi tersebut, juga disepakati jika pada 2017 tahun ini disetujui perizinannnya, maka pada tahun 2018 akan menerima mahasiswa baru pertama kali untuk Program Pascasarjana Strata Dua (S2) Pendidikan Sosiologi. (AMFi)

Suasana Rapat Program Studi Sosiologi Untuk S2 Pendidikan Sosiologi