WISUDAWAN TERBAIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM BERASAL DARI PRODI PPKN

Dwi Susanto, mahasiswa Prodi PPKn angkatan 2013 ini menjadi wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum pada wisuda ke-88 Universitas Negeri Surabaya dengan total IPK 3,72. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari motivasi sejak awal masuk UNESA tahun 2013 lalu ia melihat banner besar yang bertuliskan 9 orang wisudawan terbaik dari tiap fakultas, dalam benaknya berkeinginan suatu saat menjadi seperti mereka. Ternyata keinginannya tersebut dapat terwujud di tahun 2017 ini.

Mahasiswa asal Kebumen Jawa Tengah ini mempunyai cara belajar yang cukup mudah, tidak ada strategi khusus yang biasa dilakukan hanya dengan banyak membaca dan mengerjakan tugas dengan maksimal khususnya ketika menjelang UTS dan UAS. Menurut Dwi “Belajar PPKn itu kompleks, kita akan mendapat materi seputar kependidikan, hukum, politik, sosiologi, dan lainnya. Sehingga lulusan PPKn akan menguasai banyak ilmu, oleh karenanya diperlukan strategi belajar dengan cara memahami karakter masing-masing dosen. Setiap dosen memiliki cara mengajar dan menilai yang berbeda satu sama lain”. Tentunya terus diimbangi dengan berdoa secara rutin, tambahnya.

Kompleksnya materi dalam PPKn yang mendorong kebutuhan untuk banyak membaca ternyata tidak membuat Dwi menjadi kehilangan aktivitas di luar perkuliahan, pemuda humoris yang akrab dipanggil mas Boy ini ternyata tercatat sebagai anggota HIMA PPKn tahun 2015-2016. Dwi mengungkapkan bahwa mengerjakan segala sesuatu dengan maksimal merupakan kebiasannya, sehingga tidak alasan untuk tidak dapat berprestasi.