Pendidikan Sejarah Unesa Selenggarakan History Competition

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Sejarah menyelenggarakan final Olimpiade Sejarah serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah tingkat SMA/MA/SMK se-Jawa Timur dengan tajuk History Competition (HiCom) II, Sabtu (28/01/2017) di Ruang Srikandi, I6 Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Unesa.

HiCom II merupakan wadah bagi generasi muda, terutama siswa SMA dalam berkompetisi dan beradu pemahaman terhadap ilmu Sejarah. ”Melalui HiCom II ini diharapkan dapat menghasilkan generasi-generasi muda yang paham dan mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu sejarah dalam menghadapi problematika kehidupan rakyat. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan yang mampu belajar dari sejarahnya,” Kata Iswatin, Ketua HMP Pendidikan Sejarah.

Dalam babak final ini terdapat 10 karya LKTI yang haru dipresentasikan secara berkelompok dari masing-masing sekolah dan 10 peserta olimpiade sejarah yang harus saling beradu untuk mengerjakan soal dan menjawab soal.

Setelah proses final dilaksanakan, Juara Pertama pemenang Olimpiade Sejarah diraih oleh Biru Damar Cahyanti dari MAN Sidoarjo, disusul di tempat kedua adalah Abdul Al Malik dari SMAN 1 Lumajang dan juara ketiga dirempati oleh Rama Ardhia dari SMAN 1 Genteng Banyuwangi. Sementara itu, juara pertama LKTI disabet oleh tim SMAN 1 Galagah Banyuwangi, di tempat kedua adalah tim SMKN 1 Blitar dan di tempat ketiga ditempati oleh tim MAN 1 Tulungagung.

Berikut ini daftar para pmenang History Competition II :

  • Pemenang Olimpiade Sejarah diraih oleh :
  1. Juara 1 : Biru Damar Cahyanti dari MAN 1 SIDOARJO
  2. Juara 2 : Abdul Al Malik Al Muluk dari SMAN 1 LUMAJANG
  3. Juara 3 : Rama Ardhia Prasista dari SMAN 1 GENTENG BANYUWANGI
  4. Juara Harapan 1 : Hendri Eka Pradana dari MAN 1 MALANG
  5. Juara Harapan 2 : Hisyam Al Fatah dari SMAN 1 GENTENG BANYUWANGI
  6. Juara Harapan 3 : Ulil Anwar dari MAN LAMONGAN

 

  • Pemenang LKTI diraih oleh :
  1. Juara 1 : SMAN 1 GLAGAH BANYUWANGI (Judul:Game Offline The Last Of Jagapati Sebagai Media Pelestarian Dan Pengembangan Warisan Sejarah Dan Budaya Perang Puputan Bayu Kerajaan Blambangan Tahun 1771)
  2. Juara 2 : SMKN 1 BLITAR (Pemanfaatan Caring Culture And History Application (Ccstory) Dalam Upaya Pelestarian Warisan Sejarah Dan Kebudayaan)
  3. Juara 3 : MAN 1 TULUNGAGUNG (Kaca Benggala: Menelusuri Jejak-Jejak Sejarah Lokal Di Daerah Tulungagung Dengan Media Botol Bekas)
  4. Juara Harapan 1 : SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO (Aplikasi “Sanggraloka” Sebagai Media Sosialisasi, Edukasi, Dan Rekreasi Dalam Upaya Pelestarian Warisan Sejarah Dan Kebudayaan Mojopahit Di Kec, Trowulan Kab. Mojokerto)
  5. Juara Harapan 2 : SMA SANTA MARIA SURABAYA (Upaya Pelestarian Warisan Sejarah Dan Kebudayaan Nusantara Dalam Dinamika Teknologi Melalui Game “Wani”)
  6. Juara Harapan 3 : SMA NU 1 GRESIK (Arsitektur Kampung Kemasan Abad Ke-19 M)

(Dewi/RN)