MENCETAK MAHASISWA YANG BERKOMPETENSI, BERORGANISASI, DAN BERBUDI PEKERTI LEWAT LKMM-PRA TD


             November ini, bidang kemahasiswaan Program Studi Sosiologi memiliki hajatan besar untuk mencetak mahasiswa baru angkatan 2016 menjadi mahasiswa yang berkualitas pada masa yang akan datang. Merujuk pada motto bidang kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya, yaitu “Berkompetensi, Berorganisasi, dan Berbudi Pekerti”, maka kegiatan bertajuk Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Pra Dasar diselenggarakan. Kegiatan berdurasi tiga hari ini digawangi oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Sosiologi, mengambil lokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang.

20161119_141126

Peserta mendesiminasikan hasil small reseach

   “Transformasi mahasiswa menjadi pribadi unggul yang berkompetensi, berorganisasi, dan berbudi pekerti memerlukan proses berkelanjutan. LKMM Pra TD merupakan laboratorium perdana untuk mewujudkan mahasiswa yang transformatif menghadapi tantangan global yang semakin kompetitif“, ujar Ali Imron, S.Sos., M.A., Dosen Pendamping Kemahasiswaan Prodi Sosiologi pada sesi opening. LKMM Pra TD kali ini merujuk pada Pedoman Umum LKMM Tingkat Pra Dasar yang diterbitkan oleh Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti tahun 2015, dengan kurikulum meliputi, Sifat Kritis, Keterampilan Berkomunikasi, Pola Pikir Prestatif, dan Pengembangan Diri.

            Kegiatan yang berlangsung tanggal 18-20 November 2016 ini, dipandu oleh tim dosen Prodi Sosiologi, diantaranya Moh. Mudzakkir, S.Sos., M.A. yang memaparkan materi “Sifat Kritis”. “Mahasiswa harus mampu mengembangkan sifat kritis melalui upaya interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, penjelasan, dan regulasi diri”, ungkap beliau ketika menjelaskan materi. Materi berdurasi 4 (empat) jam ini mampu menggugah kesadaran mahasiswa untuk berfikir dan bersikap kritis. Kesadaran kritis para peserta kembali diasah dalam kegiatan small research yang diselenggarakan pada Sabtu, 19 November 2016. Kegiatan yang merupakan bagian dari materi Pengembangan Diri ini, peserta dilatih untuk mendesain riset, menyusun instrumen, menggali data lapangan melalui observasi dan wawancara, serta menyusun laporan sederhana. Peserta kemudian diterjunkan ke masyarakat sekitar base camp untuk menggali data dan informasi seputar struktur sosial masyarakat. Kegiatan ini dipandu oleh dosen pengampu mata kuliah Metode Penelitian Sosial, Ali Imron, S.Sos., M.A.

            Tidak cukup hanya itu, untuk mengasah keterampilan berkomunikasi secara efektif, peserta dilatih untuk berani mendesiminasikan hasil small research melalui presentasi ilmiah. Setiap kelompok masing-masing 15 menit memaparkan hasil temuan data lapangan diiringi dengan tanya jawab. Di akhir sesi presentasi, setiap kelompok mendapatkan input, baik secara metodologis maupun kualitas hasil riset oleh dosen. Sesi ini dipandu oleh dosen Prodi Sosiologi, Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio. Pada akhir penyelenggaraan hari kedua, diisi dengan penampilan inagurasi dari masing-masing kelompok peserta. Sesi ini merupakan malam keakraban diantara anggota keluarga besar Prodi Sosiologi FISH Unesa karena pada sesi ini juga dihadiri oleh para alumni dan mahasiswa angkatan 2013, 2014, dan 2015.

            Hari ketiga merupakan hari terakhir penyelenggaraan LKMM Tingkat Pra Dasar, yang dihiasi dengan aktivitas games dalam format outbond. Peserta diajak untuk belajar sambil bermain. Nilai-nilai kepemimpinan, keteladanan, kejujuran, dan keorganisasian merupakan intisari yang tersaji secara implisit melalui model games interaktif. Upacara penutupan dan sesi saling memaafkan antarpanitia dan peserta menghiasi sesi penutupan di akhir kegiatan. (ali)

download materi

  1. berpikir kritis
  2. pengantar small research