Pelatihan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat (Part I)

fp1Salah satu penentu keberhasilan kegiatan pemberdayaan masyarakat yaitu kecakapan fasilitator pemberdayaan, karenanya Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Unesa menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat”. Peserta kegiatan ini yakni mahasiswa Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara angkatan 2013. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan khusus perihal pemberdayaan masyarakat, sebelum nantinya mereka mengabdi kepada masyarakat.

Pelatihan ini menyediakan berbagai materi pemberdayaan masyarakat, materi pertama yaitu tentang “Peran Fasilitator dalam Program-program Pemberdayaan Masyarakat di Propinsi Jawa Timur” yang diberikan oleh Dra. Susanti Widyastuti, MT, Kasubid Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat Bapemas Provinsi Jawa Timur. Materi pertama ini disampaikan pada hari Kamis (20/10) di gedung I3.fp Para peserta terlihat antusias mengikuti jalannya kegiatan. Isu yang menjadi sorotan dalam pembahasan materi ini adalah permasalahan kemiskinan masyarakat desa di Propinsi Jawa Timur.

Beberapa materi akan disampaikan pada kesempatan berikutnya. Nantinya, akan diadakan kegiatan diskusi dengan para alumni Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara yang sudah cukup lama melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Diskusi ini akan membahas materi terakhir yaitu “Pengalaman Fasilitator Pemberdayaan oleh Para Alumni”. Harapannya, pembahasan materi terakhir ini akan semakin menggugah motivasi mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat. (BK)