Dua Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unesa Juara Duta Humas Polda Jatim 2016


Surabaya – Unesa patut berbangga. Pasalnya, Andri Dwi Julianto dan Erinda Nabila Wulansari  berhasil menjadi Juara II Duta Humas Polda Jatim 2016. Andri menjadi Juara 2 Duta Humas Polda Jatim kategori laki-laki, sedangkan Erinda menjadi Juara 2 Duta Humas Polda Jatim untuk kategori perempuan. Kedua mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FIS Unesa angkatan 2015 ini berhasil mengalahkan 120 peserta terpilih dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Acara Penobatan Duta Humas Polda Jatim 2016 diselenggarakan di Gedung Mahameru Polda Jawa Timur pada Senin (21/03/2016). Acara ini dihadiri langsung oleh Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Eddy Haryanto. Acara yang menjadi agenda tahunan Polda Jatim ini dibuka dengan opening dance dari 24 finalis. Selanjutnya Gracia Indri dan Bemby Putuanda selaku pembawa acara mengumumkan nama finalis yang berhasil menjadi 5 besar calon Duta Humas Polda Jatim 2016. Lima calon peserta terbaik ini diberikan waktu persiapan sebelum menjalani tahapan tanya jawab.

Pada sesi tanya jawab, Andri berhasil menjawab pertanyaan dewan juri tentang pendapatnya mengenai beberapa anggota polisi yang menjadi duta di even Raka Raki dan sejenisnya. Dengan lancar, Andri menjawab hal tersebut dapat meningkatkan citra polisi di mata masyarakat. Tak kalah diplomatis Erinda menjawab pertanyaan dewan juri mengenai rencananya apabila terpilih menjadi Duta Humas dengan perpaduan bahasa Inggris dan Indonesia. Erinda berencana akan merealisasikan Ability (bagaimana duta humas akan memperbaiki kualitas dan kemampuan sebelum terjun ke masyarakat, Action (wujud dari aksi duta humas untuk menyampaikan informasi ke masyarakat) serta Accesbility yaitu inovasi terbaru dimana masyarakat akan mendapatkan kemudahan informasi via media online).   Jawaban inilah yang mengantarkan mereka lolos menjadi Juara II Duta Humas Polda 2016.

Sementara itu, Juara I di raih oleh Olga Bimaskara dan Camelia Nanda Sholca dan Juara III menjadi milik pasangan Sholiq Bastian dan Sifra Laurete. “Menjadi diri sendiri, lalu menganggap kekurangan sebagai hal yang biasa dan menutupinya dengan kelebihan adalah tips sukses untuk menjadi pemenang dalam lomba ini. Jangan lupa juga untuk meminta doa orang tua serta berdoa pada Tuhan” papar Andri Dwi Julianto yang pernah menjabat sebagai Duta Wisata kabupaten Mojokerto tahun 2013 lalu.

Setelah terpilih menjadi Duta Humas Polda Jatim 2016, mereka berencana untuk melanjutkan dan medukung tugas Humas Polda untuk memperbaiki citra Polisi di mata masyarakat. “Rencananya Saya akan berkoordinasi dengan Polda untuk menentukan program agar Polda lebih dekat dengan masyarakat,” ujar Erinda Nabila Wulansari yang tahun lalu terpilih sebagai Duta Museum Jatim. (Awang/KK/Humas)